Scroll to Top

TypeScript, Pesaing JavaScript Besutan Microsoft

By Ditya / Published on Tuesday, 09 Oct 2012

Microsoft TypeScript

Microsoft memperkenalkan bahasa pemrograman baru, TypeScript, yang merupakan pesaing bahasa pemrograma JavaScript yang saat ini populer digunakan oleh pengembang website.

S. Somasegar, wakil presiden dari divisi pengembang di Microsoft mengungkapkan bahwa TypeScript hadir untuk menjawab bahasa pemrograman JavaScript yang terlebih dahulu populer. TypeScript ini bertujuan untuk memudahkan membuat aplikasi JavaScript skala besar.

JavaScript sendiri adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam membangun website atau web application untuk berbagai keperluan seperti membuat antarmuka yang inteaktif, animasi berbasis plug-in JQuery atau meningkatkan sisi keamanan.

“TypeScript ini merupakan superset dari JavaScript yang menggabungkan analisa model checking dan static, antarmuka eksplisit serta pengalaman terbaik dalam menggunakan satu bahasa pemrograman dan compiler-nya,” tulis S. Somasegar.

Kehadiran TypeScript ini akan memudahkan para programmer JavaScript karena listing JavaScript sendiri telah masuk sebagai TypeScript, sehingga programmer dapat menyalin atau copy-paste JavaScript yang sudah dikembangkan ke dalan TypeScript.

“AOS yang dimiliki oleh TypeScript sangat dekat dengan JavaScript dan memiliki interopabilitas antara TypeScript dengan JavaScript yang sederhana. TypeScript tak hanya memungkinkan programmer menggunakan library yang ada pada JavaScript tapi juga memungkinkan deteksi kesalahan yang lebih cepat,” tambah S.Somasegar.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (08/10/2012), bahasa pemrograman TypeScript saat ini masih merupakan preview awal dan belum versi final. Microsoft mengundang komunitas dari berbagai kalangan untuk memperkenalkan bahasa pemrograman baru TypeScript ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda