Share

Selebrasi Francesco Totti, AS Roma 3-1 Udinese

Francesco Totti makin menggeliat di usia matangnya. Sejauh usianya yang masuk 36 tahun, Totti sama sekali belum terpikirkan kata ‘pensiun‘ dari AS Roma. Sebaliknya, ia justru dalam motivasi besar untuk menikmati partai-partai berikutnya.

“Saya hanya berpikir tentang pertandingan berikutnya,” tegas Francesco Totti perihal ekspektasinya belakangan ini. Maskot Giallorossi ini seolah menutup mata akan usianya. Kata ‘pensiuns’ atau gantung sepatu masih jauh-jauh dari pikirannya.

“Bagi saya, itu hanya sepakbola,” katanya kepada TV Sorrisi e Canzoni. “Saya selalu berpikir tentang pertandingan berikutnya.”

“Mungkin ketika saya pensiun, saya akan memikirkan sesuatu yang menyambut hangat setiap orang yang mendukung saya, tapi sekarang masih terlalu dini untuk berpikir tentang hal itu.”

Bersama AS Roma, mantan pemain internasional Italia ini telah menghabiskan lebih dari 500 penampilan sejak tahun 1992 dan telah menjadi pencetak gol sepanjang masa. Tahun 2009 lalu, ia menandatangani kontrak baru dengan durasi lima tahun. Dan kini tinggal dua tahun sisa. Wajar apabila publik mengkaitkannya dengan kemungkinan gantung sepatu.

Namun Totti adalah seorang ‘Il Gladiatore’, begitu ia mendapat julukan. Tentu dia akan ngotot memperjuangkan karir sepak bolanya.

“Memang benar, saya telah dipangg il Gladiator di Roma, tapi saya pikir keberanian kita tidak terkait dengan peran atau ketenaran. Sebaliknya, kita bekerja untuk hal-hal yang kita percaya dan melakukan yang terbaik untuk diri kita dan orang yang kita cintai.”

Selanjutnya, Totti bercerita tentang pertemuannya dengan Paus Yohanes Paulus II. Di mana pertemuan itulah yang dinobatkannya sebagai best moment dalam hidupnya.

“Saya tidak bisa melupakan mata lembut dan perasaan damai yang ia kerahkan,” Totti memberi alasan.