Scroll to Top

10 Pesepakbola yang Melakukan Blunder di Twitter

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 09 Oct 2012

Joey Barton

Ashley Cole bukan pesepakbola pertama yang melakukan kontroversi di Twitter. Joey Barton, Rio Ferdinand, Ryan Babel dan pemain lainnya pernah melakukan kesalahan serupa. Dan berikut 10 pesepakbola dunia yang melakukan blunder di Twitter.

1. Ryan Babel

Penyerang Ajax Amsterdam ini menjadi pesepakbola pertama yang dikenakan sanksi atas penyalahgunaan media sosial (Twitter). Pada Januari 2011 silam ketika masih membela Liverpool ia didenda £ 100.000 akibat memosting foto di Twitter yang menyindir wasit Howard Webb.

2. Joey Barton

Pada pertandingan terkahir di Stadion Etihad musim lalu, Joey Barton memosting sebuah kutipan Nietzsche yang menuding Carlos Tevez sengaja bersekongkol untuk mengusir dia dari lapangan. Akibatnya ia harus absen di 12 pertandingan.

3. Emmanuel Frimpong

Pada bulan Agustus lalu ia bertengkar hebat dengan fans Tottenham di Twitter dengan kata-kata yang dianggap menghina otoritas FA. Akibatnya PSSI-nya Inggris ini mengganjarnya dengan denda £ 6.000.

4. Jack Wilshere

Mungkin ini perilaku yang tak patut ditiru oleh pesepakbola tanah air. Jack Wilshere memang tidak menulis tweet yang ‘berbahaya’ di akun Twitter-nya. Namun ia bertaruh skor dengan rekan setimnya Emmanuel Frimpong. Alhasil UEFA menegur keras pemain kunci Arsenal tersebut.

5. Federico Macheda

Bulan Agustus lalu Federico Macheda harus menerima denda sebesar £ 15.000 setelah mengaku menggunakan kata-kata yang menghina seseorang terkait orientasi seksual.

6. Darren Bent

Meski niatannya hanya mengecam, namun jika dilakukan lewat Twitter akan berakibat fatal. Darrent Bent mengecam pemilik Tottenham Daniel Levy yang ia sebut sebagai ‘klub saingan’. Alhasil ia menerima denda yang tidak disebutkan jumlahnya.

7. Rio Ferdinand

Benteng kokoh Manchester United ini harus membayar ke FA sebesar £ 45.000 setelah mengulang kembali tweet sebuah postingan yang menggambarkan Ashley Cole sebagai ‘choc ice’, sebuah istilah slang yang menggambarkan seseorang yang hitam di luar namun putih di dalam.

8. Carlton Cole

Ketika Inggris sedang menghadapi Ghana di Wembley pada April 2011 silam, Carlton Cole menulis tweet sesuatu yang tidak pantas saat Inggris sedang bermain. Alhasil ia diganjar denda £ 20.000.

9. Wojciech Szczesny

Niatan ingin bercada justru malah berujung denda. Ketika rekan setimnya Aaron Ramsey sedang menghadiri acar golf, Wojciech Szczesny menanggapi tweet foto yag diunggah rekannya tersebut dengan mention ‘seperti pemerkosa’.

10. Alan Dunne

Ia harus membayar £ 2.000 pada bulan Februari lalu akibat mengritisi terlalu berlebih kepemimpinan wasit Jon Moss setelah timnya kalah 6-0 dari Birmingham City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda