Scroll to Top

Firefox 16 Diluncurkan, Ini Fitur Barunya

By Ditya / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

Firefox 16

Mozilla kembali meluncurkan browser andalan terbarunya, Firefox 16. Browser besutan Mozilla ini mengusung berbagai fitur baru seperti fasilitas VoiceOver di Mac OSX, dukungan web app serta berbagai perbaikan bug lainnya.

Meski banyak pengguna yang kurang suka, Mozilla tetap mengadopsi sistem rilis cepat Firefox, namun beberapa rilis terakhir ini selalu membawa fitur-fitur baru yang bermanfaat bagi pengguna maupun pengembang web.

Firefox 16 ini mengusung banyak fitur baru untuk pengembang maupun pengguna browser biasa. Beberapa fitur untuk pengembang antara lain hadirnya Developer Toolbar yang muncul bersama dengan tool semacam command line.

Tak hanya pengembang web saja yang dimanjakan dengan fitur baru, pengguna biasa pun juga mendapat fitur baru seperti dukungan awal untuk Web App pada sistem operasi Mac OSX, Linux dan Windows.

Web App sendiri adalah sebuah standar pembuatan aplikasi berbasis teknologi web. Web App akan dapat berjalan diberbagai browser modern termasuk Firefox dan browser lainnya.

Tak hanya itu, bagi pengguna sistem operasi Mac OSX, Firefox 16 kini membawa dukungan awal untuk fitur VoiceOver yang berfungsi layaknya Voice Command atau menjalankan sesuatu berdasarkan perintah suara.

Rilis terbaru Firefox 16 ini juga disertai dengan peningkatan dukungan terhadap standar web terbaru seperti HTML5 dan CSS3 serta meningkatkan kestabilan dalam menjalankan animasi atau transisi yang terdapat pada website.

Seperti yang dilansir dari TechCrunch (09/10/2012), tak hanya Firefox 16 versi desktop saja yang mendapat fitur baru, Mozilla juga membekali Firefox Mobile versi baru dengan berbagai fitur baru.

Fitur baru pada Firefox Mobila anatara lain hadirnya modus reader seperti pada browser Safari, pengguna cukup mengklik “Reader” untuk mengaktifkan modus reader. Penasaran? Anda bisa unduh Firefox 16 disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda