Scroll to Top

HTC Kurangi Ketergantungan Komponen Ponsel Dari Samsung

By Ditya / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

Samsung HTC

HTC dikabarkan mengikuti jejak Apple untuk perlahan-lahan mengurangi ketergantungan terhadap komponen ponsel yang disuplai oleh Samsung. Produsen asal Taiwan ini mulai beralih menggunakan supplier selain Samsung.

HTC, produsen yang terkenal dengan produk ponsel kelas premium ini ternyata banyak menggunakan komponen ponsel dari Samsung. HTC memutuskan untuk mengurangi ketergantungan terhadap Samsung dengan mengurangi penggunaan komponen ponsel dari Samsung.

HTC mulai beralih menggunakan sensor kaera CMOS daro OmniVision atau Sony, setelah sebelumnhya menggunakan sensor dari Samsung. Tak hanya itu, urusan layar, HTC mulai beralih menggunakan panel AMOLED dari AU Optronics untuk ponsel-ponsel HTC mendatang.

Meski demikian, HTC tak benar-benar meninggalkan Samsung, HTC saat ini masih mengandalkan panel AMOLED dari Samsung untuk ponsel-ponsel HTC yang ada saat ini. HTC sendiri sebenarnya telah membeli panel Super LCD dari Sony yang kini digunakan pada ponsel kelas atas HTC.

Sampai saat ini belum diketahui sebab mengapa HTC mulai meninggalkan Samsung, padahal selama ini antara kedua produsen ini belum pernah terlibat perang paten atau konflik serius lainnya.

Apple, musuh bebuyutan Samsung adalah salah satu produsen yang juga memiliki ketergantungan terhadap komponen Samsung. Prosesor Apple seri A, layar Retina Display hingga chip memory pada produk Apple diproduksi oleh Samsung.

Setelah terlibat perang paten yang berlarut-larut, Apple memutuskan untuk perlahan-lahan meninggalkan Samsung dengan menunjuk LG dan Sharp, sedangkan chip memory, Apple mulai beralih ke Elpida. Semua ini dilakukan Apple untuk mengurangi ketergantungan terhadap Samsung.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (10/10/2012), meski mulai ditinggalkan HTC dan Apple, Samsung merasa tak khawatir. Samsung sendiri kini telah merajai bsinis panel LCD dan ponsel, ditinggalkan 2 produsen besar tak membuat Samsung goyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda