Scroll to Top

Bad Piggies Palsu Serang 82 Ribu Pengguna Chrome

By Ditya / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

Bad Piggies palsu

Kesuksesan game Bad Piggies besutan Rovio ini ternyata dimanfaatkan oleh adware yang menyamar sebagai game Bad Piggies palsu dan berhasil menyerang sekitar 82.000 penggguna browser Google Chrome.

Adware sendiri adalah salah satu jenis perangkat lunak yang didalmnya disusupi iklan dan kadang juga disusupi spyware. Meski terdengar tidak terlalu berbahaya, namun adware sebenarnya memiliki potensi disusupi spyware yang sama bahayanya dengan malware.

Game Bad Piggies palsu tersebut muncul di Google Chrome Web Store yang biasanya menyediakan berbagai extension, theme atau plug-in untuk browser Google Chrome. Hasilnya, sekitar 82.000 pengguna Google Chrome telah terinfeksi oleh adware Bad Piggies palsu ini.

Adware yang menyamar sebagai game Bad Piggies palsu ini juga tak hanya menyuguhkan iklan pada korban tapi juga meminta izin untuk mengakses berbagai data penting korban.

Sekali pengguna mengizinkan adware Bad Piggies palsu ini untuk mengakses data, maka adware Bad Piggies palsu ini akan dengan mudah mencuri semua data pribadi pengguna seperti alamat email dan juga informasi kartu kredit.

Barracuda Networks, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang keamanan telah menemukan beberapa adware yang menyamar sebagai game Bad Piggies palsu serta membuat laporan mengenai ulah Bad Piggies palsu. Adware Bad Piggies ini berpotensi mencuri berbagai data pengguna termasuk password milik pengguna.

Barracuda Networks juga menemukan banyak plug-in Bad Piggies untuk browser Google Chrome di Google Chrome Web Store yang mencurigakan dan kemungkinan memiliki potensi berbahaya seperti pencurian data.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (09/10/2012), sebaiknya pengguna browser Google Chrome berhati-hati dan selektif untuk men-download dan menginstall plug-in dan memperhatikan dari mana asal plug-in tersebut serta siapa pembuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda