Scroll to Top

Konsumen Indonesia Minati Compact Car dan Family Car

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

compact car

Mobil jenis campact car dan family car diperkirakan tetap menjadi pilihan banyak konsumen mobil di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Produsen mobil diperkirakan segera menambah pasokan stoknya karena kedua jenis mobil ini mulai digemari.

Menurut Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), empat tahun lalu penjualan compact car hanya sekitar 5.000 hingga 6.000 unit per bulannya. Sekarang, pangsa compact car sudah menginjak angka 12 ribu unit sebulannya.

Sementara itu, peningkatan pangsa family car atau mobil keluarga diperkirakan dipicu karena promosi jenis mobil ini semakin gencar. Bahkan, baik compact car maupun family car, menjadi perhatian produsen mobil dan telah mengkampanyekannya di seluruh dunia. Orang Indonesia termasuk tipe konsumen yang cukup menggemari  mobil ini.

“Di Indonesia produk tersebut akan menjadi pilihan utama konsumen. Saat ini, konsumen di dalam negeri sangat tertarik dengan produk yang irit bahan bakar,” kata Johnny seperti dikutip Antara.

Minat terhadap mobil irit bahan bakar diduga turut dipicu oleh perhatian pemerintah yang juga ikut mengkampanyekan mobil ramah lingkungan. Bahkan, dukungan pemerintah terhadap mobil Low Cost Green Car (LCGC) sudah pada rencana akan memberi subsidi pembelian kepada konsumen yang mau memilih mobil jenis tersebut. Harga jual pada end user akhirnya dapat ditekan menjadi cukup murah.

Mobil LCGC memiliki pangsa yang bagus di Indonesia, terutama untuk konsumen kelas menengah. Harga terjangkau dan irit bahan bakar adalah dua hal yang bisa dijadikan latar belakang untuk memiliki mobil ini.

“Produk LCGC akan menyasar konsumen yang belum memiliki mobil, kelas menengah yang ingin menambah mobilnya, hingga segmen atas yang membelikan mobil untuk anak-anak atau asistennya,” ujar Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi di Kementerian Perindustrian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda