Scroll to Top

Barcelona Tim Terbaik Dunia, Lionel Messi Tak Butuh Piala Dunia

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

Barcelona Tim Terbaik Dunia, Lionel Messi Tak Butuh Piala Dunia

Barcelona disebut sebagai tim terbaik dunia era ini, demikian yang dipaparkan dalam reportase Sports Illustrated. Bahkan, bisa jadi Barca menjadi yang terbaik di dunia sepanjang masa. Tak hanya itu, disebutkan pula, jika Lionel Messi terus menerus meraih trofi di tingkat klub bersama Barcelona, ia tidak butuh Piala Dunia untuk sejajar dengan Pele dan Maradona yang dianggap sebagai pemain terbaik dunia sepanjang masa.

Grant Wahl, penulis untuk Sports Illustrated, baru-baru ini memberikan paparan menarik seputar Barcelona. Klub Catalan, telah menjadi fenomena tersendiri dalam empat-lima tahun terakhir. Mereka memenangi semua gelar dalam kompetisi yang diikuti sepanjang 2009. Barca hampir mengulang prestasi ini pada 2011 —sayang, terpeleset di Copa del Rey—. Tak hanya masalah gelar, tetapi juga masalah karakter tim. Barcelona memiliki La Masia, akademi yang senantiasa menghasilkan bintang baru. Plus, mengandalkan tiki-taka yang membuat semua orang yang menonton mereka berdecak kagum.

Wahl melihat La Masia, akademi Barcelona, sebagai tambang bintang. Jika beberapa tim cukup beruntung kala satu pemain jebolan akademi masuk dalam starting line up, La Masia jauh berkali lipat. Barcelona, lewat akademinya, sukses membangun para juara. Contohnya, adalah duel melawan Spartak Moskwa di Liga Champions (3-2). Kala itu, ada delapan jebolan akademi Barca yang hadir di lapangan.

Di luar tulisan Grant Wahl, sebenarnya hal ini bukan hal baru. Seluruh dunia sebenarnya tengah menunggu, kapan Tito Vilanova berani memainkan 11 jebolan akademi klubnya tampil sebagai starting line-up. Angka maksimal selama ini hanyalah sembilan atau sepuluh pemain.

Tak hanya masalah akademi, tetapi juga cara bermain Barcelona. Sports Illustrated mencoba bertanya pada berbagai pakar seputar kualitas Barca. Dan hasilnya jelas.

Seperti Ray Hudson, komentator handal yang berkata, “Kala saya menonton tim lain, liga lain, saya seperti baru saja selesai membaca novel luar biasa, lantas membaca puisi anak-anak (menunjukan superioritas Barcelona).”

Bukan tidak mungkin, Barcelona kelak akan menjadi tim terbaik dunia sepanjang masa.

Bicara Barcelona, pasti bicara seputar Lionel Messi. King Leo senantiasa dibanding-bandingkan dengan Pele dan Maradona. Kebanyakan orang menyebut, King Leo belum bisa dibandingkan dengan kedua orang ini karena Messi belum memenangi Piala Dunia. Namun, gelar Piala Dunia sendiri, bagi Sports Illustrated bukan hal penting lagi bagi Messi andai ia terus menunjukkan kualitas mumpuni seperti saat ini.

“Jika Messi terus meraih gelar demi gelar utama bersama Barcelona, jika ia terus memecahkan rekor demi rekor, ia tidak butuh Piala Dunia untuk disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda