Scroll to Top

Timnas Indonesia Harus Dibentuk Sesuai Amanat FIFA

By Aditya / Published on Wednesday, 10 Oct 2012

Timnas Indonesia Brunei

Pembentukan Timnas Indonesia harus dilakukan sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh FIFA selaku badan sepakbola dunia. Hal itulah yang diinginkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan harapan konflik sepakbola Indonesia yang melibatkan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin dan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti segera usai.

Ketua Umum KONI, Tono Suratman, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima surat dari Sepp Blatter selaku Presiden FIFA yang berisi himbauan agar konflik sepakbola di Indonesia, termasuk masalah dualisme timnas, bisa diselesaikan sesuai dengan hasil rapat kedua Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan yang telah digelar di Markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 20 September 2012 silam.

Terkait penyatuan Timnas Indonesia, hasil rapat kedua Joint Committee (JC) menyatakan bahwa pengelolaan timnas ditangani oleh PSSI, sedangkan JC berperan sebagai pihak yang menjaga harmonisasi antara kedua kubu yang berseberangan demi mewujudkan Timnas Indonesia yang bersatu.

Tono Suratman atas nama KONI pun berharap agar PSSI dan KPSI bisa mendukung kinerja Joint Committee dalam upaya mengharmonisasikan pembentukan Timnas Indonesia yang satu dan solid.

“Sesuai dengan surat Presiden FIFA yang dikirimkan kepada KONI. Kami diharapkan bisa memberikan dukungan dan arahan agar tugas JC berjalan lancar. Untuk itu, kami meminta kedua belah pihak (PSSI dan KPSI) untuk segera membentuk timnas dari JC,” ujar Tono Suratman di Jakarta belum lama ini.

KONI juga mengharapkan penyatuan Timnas Indonesia akan segera terwujud dalam waktu dekat. PSSI dan KPSI mempunyai hak yang sama untuk merekemondasikan hal-hal terkait penyatuan dan perbaikan tim Merah-Putih.

”Diharapkan dalam pertengahan Oktober (2012) ini, kedua pihak bisa memberikan rekomendasi pelatih dan programnya,” lanjut Tono Suratman.

Timnas Indonesia yang solid memang menjadi kebutuhan mendesak saat ini karena AFF Cup 2012 tak lam lagi akan digelar. Selain itu, persiapan untuk tim sepakbola yang akan diterjunkan di SEA Games juga harus segera dilakukan. Oleh karena itu, KONI menyatakan dukungannya terhadap perbaikan Timnas Indonesia.

“KONI menginginkan tim terbaik untuk SEA Games maupun Piala AFF, untuk itu kami dukung 100 persen yang disarankan, yakni sistem pelatihan satlak prima, rekrutmen pelatih, dan pemainnya, termasuk mendukung untuk pemilihan tim yang akan ke Piala AFF. Kami sudah menjelaskan latar belakangnya, yakni menginginkan prestasi Indonesia meningkat,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda