Timnas Indonesia - Palestina

Timnas Indonesia tergabung dalam grup berat di babak Kualifikasi Piala Asia 2015. Hasil undian yang telah digelar di Hotel Sofitel, Melbourne, Australia, pada Selasa (9/10/2012), menempatkan tim Merah Putih di Grup C bersama tiga macan Asia, yakni Irak, Cina, dan Arab Saudi.

Keempat tim ini akan berebut dua tempat untuk bisa melaju ke putaran final Piala Asia 2015 yang akan digelar di Australia. Melihat peringkat FIFA saat ini, peluang Indonesia untuk lolos dari grup terbilang sangat berat. Pasalnya, Irak, Cina, dan Arab Saudi merupakan tiga tim papan atas di Asia dan menempati ranking FIFA yang cukup jauh di atas Indonesia yang saat ini berada di peringkat 170.

Irak saat ini menempati peringkat ke-80 FIFA sekaligus juara Piala Asia 2007 di mana Indonesia menjadi salah satu tuan rumah. Cina berada di ranking ke-85 FIFA dan masih menjadi salah satu tim terkuat di kawasan Asia Timur. Sedangkan Arab Saudi, peringkat ke-113 FIFA, adalah salah satu tim terkuat di kawasan Timur Tengah. Ketiga tim ini pernah merasakan berlaga di Piala Dunia.

Babak Kualifikasi Piala Asia 2015 akan digelar pada 6 Februari hingga 5 Maret 2013. Sistem yang dipakai adalah home and away alias kandang-tandang. Yang berhak melaju ke putaran final adalah dua klub teratas dari setiap grup dan satu tim peringkat tiga terbaik.

Menanggapi hasil undian Kualifikasi Piala Asia 2015 tersebut, pelatih Timnas Indonesia PSSI, Nil Maizar, menyatakan tidak gentar menghadapi lawan-lawan berat di Grup C. Eks pelatih Semen Padang ini pun menginstruksikan pasukannya untuk berlatih lebih giat lagi.

“Lawan kita di penyisihan Piala Asia merupakan yang terbaik, apalagi mereka pernah masuk Piala Dunia sehingga kita harus berlatih lebih keras lagi untuk bersaing,” tandas Nil Maizar.

Namun, saat ini Nil Maizar masih berkonsentrasi untuk mempersiapkan Timnas Indonesia yang akan diterjunkan ke AFF Cup 2012 pada akhir November mendatang.

“Timingnya masih lama, kita fokus untuk Piala AFF ini dulu saja, dengan waktu yang cukup lama, mudah-mudahan kami bisa membentuk tim yang bagus,” tuntas Nil Maizar.

Berada di grup maut, peluang Indonesia untuk lolos sangat kecil. Apakah Timnas Indonesia mampu menahan gempuran tiga macan Asia, bahkan memberi kejutan, atau apakah hanya akan jadi bulan-bulanan? Bagi komentarmu!