Scroll to Top

Louis van Gaal: Van Persie Kalah Saing dengan Klaas Jan-Huntelaar

By Naqib Najah / Published on Thursday, 11 Oct 2012

Robin van Persie, Belanda 1-2 Jerman

Keputusan mengejutkan diudarakan oleh pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. Jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2014 kontra Andorra, Jumat (12/10/12) Van Gaal terang-terang mengatakan lebih memilih Klaas Jan-Huntelaar ketimbang Robin van Persie. Apa alasan yang mendasari Van Persie kalah saing dengan striker Shalce 04 itu?

Van Gaal yang masih mempertahankan filosofi sepak bola menyerang di kubu Belanda, menghendaki banyaknya umpan-umpan silang di jantung pertahan Andorra Jumat nanti. Ia menganggap, orang yang tepat untuk berdiri sebagai striker dalam formasi ini adalah Klaas Jan-Huntelaar, bukan Van Persie.

Van Persie lebih cenderung berdiri sebagai striker lubang, demikian Van Gaal beralasan. Oleh karenanya, dalam laga yang akan digelar di Stadion De Kuip nanti, Belanda tidak akan memainkan Van Persie sebagai starter.

“Kami mengharapkan akan banyak umpan-umpan silang ke kotak penalti di pertandingan nanti. Untuk itu, Anda membutuhkan pemain seperti Huntelaar di kotak penalti.”

“Saya menilai Van Persie sangat bagus sebagai penyerang tengah. Saya takkan memainkannya di posisi lain dengan tergesa-gesa,” jelas mantan pelatih Bayern Munich itu.

Sebelumnya, demi posisinya di Timnas Belanda, Van Persie mengatakan kepada Van Gaal bahwa dia siap ditempatkan di mana pun. Namun Van Gaal bergeming. Ia tidak mau ambil risiko dalam partai melawan Andorra.

Pernyataan Louis van Gaal tidak serta merta dimaksudkan untuk mengesampingkan kualitas striker Manchester United itu. Ini hanyalah persoalan formasi. Toh ia tetap membawanya dalam skuad Belanda dan akan mendudukkannya sebagai pemain cadangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda