Scroll to Top

Akun Twitter Sering Mengirim Spam DM, Ini Cara Mengatasinya

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 11 Oct 2012

Twitter Pelecehan

Pesan langsung atau Direct Message (DM) di Twitter tak jarang yang berwujud dalam sebuah spam. Seolah-olah teman atau kerabat kita di Twitter mengirimkan sebuah pesan yang biasanya berisi ajakan untuk menklik atau mengunjungi tautan tertentu. Bagi Anda yang kerap menerima DM spam tersebut, inilah cara mengatasinya.

Umumnya DM spam ini berasal dari dua macam sebab. Pertama dari aplikasi dan yang kedua dari ‘virus jahat’ yang telah menginfeksi lewat sebuah tautan yang diklik. Sedangkan contoh DM yang mengandung spam adalah sebagai berikut.

DM Spam

DM spam di Twitter umumnya berpola teks (dengan kalimat yang ‘menggiurlkan’) plus tautan. Secara sederhana DM spam ini mengajak Anda untuk menklik link tersebut. Entah apa tujuannya, pengirim, atau orang yang memanfaatkan akun teman Anda ingin tautan tersebut dikunjungi.

Jika DM spam ini berasal dari aplikasi pihak ketiga, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut di pengaturan aplikasi Twitter. Sila revoke access di aplikasi yang dicurigai tak dikenal atau Anda tak merasa pernah menggunakaannya. Contohnya seperti gambar berikut.

revoke access

Sedangkan yang kedua jika DM spam ini berasal dari tautan jahat yang telah menginfeksi akun Twitter Anda – seperti kasus di FB chat – cara paling mudah adalah dengan mengganti password yang digunakan. Sila ganti kata sandi di menu pengatruran.

Untuk pencegahan, jangan asal menklik tautan yang dikirim ke Anda di Twitter yang memberikan iming-iming konten menggiurkan. Sekali Anda menklik tautan tersebut, bisa jadi Twitter Anda akan terinfeksi. Akibatnya, akun Anda akan mengirim DM spam yang menyebarkan tautan serupa ke teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda