Scroll to Top

Ngadem dengan Jaket AC Buatan Kuchofuku

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 10 Aug 2011

Gerah di tengah hari yang cukup terik? Tidak perlu repot ngadem di ruang ber-AC atau menyalakan kipas angin dengan kecepatan tinggi. Perusahaan Kuchofuku Co. Ltd mengembangkan model jaket yang dikombinasikan dengan pendingin udara di dalamnya. Wow!

Pada jaket AC ini, dipasangkan sepasang baterai isi ulang ukuran AA yang terletak di sisi jaket. Baterai tersebut sebagai sumber energi untuk menggerakkan kipas berdiameter 4 inchi yang menyedot udara keluar dan mengisinya kembali. Sehingga, menimbulkan sensasi sejuk saat dipakai beberapa jam. Menurut Hiroshi Ichigaya, sang penemu pakaian Kuchofuku, mengatakan, kesejukan yang muncul dari jaket ini bahkan melebihi nyamannya seseorang yang tidak memakai baju saat kepanasan.

“Ini lebih dingin daripada tidak memakai baju,” kata Hiroshi, seperti dikutip MSN News. “Tujuannya bukan untuk menurunkan suhu udara, tetapi lebih menjaga pakaian yang nyaman dengan membantu menguapkan keringat dan menjaga udara untuk tetap mengalir,” tambahnya.

Asyiknya lagi, materi elektronik di jaket bisa dilepas ketika ingin mencucinya. Bahkan, pengisian daya bisa dilakukan dengan media kabel USB yang dihubungkan ke komputer.  Hanya saja, jaket akan menggembung karena ada tiupan angin dari kipas.

Setelah dirilis beberapa waktu lalu, jaket ini mampu terjual 10 kali lipat. Apalagi, di musim panas seperti ini. Tentunya, dengan menggunakan jaket ini, secara langsung mengurangi konsumsi energi yang besar dari penggunaan AC sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda