Scroll to Top

Lenovo Kalahkan HP Sebagai Produsen PC Terbesar di Dunia

By Ditya / Published on Thursday, 11 Oct 2012

Lenovo HP

Berdasarkan data yang dirilis lembaga riset pasar Gartner, Lenovo akhitnya mengalahkan Hewlett-Packard (HP) sebagai produsen Personal Computer (PC) terbesar di dunia pada kuartal ketiga tahun ini.

Menurut data dari Gartner, Lenovo mampu membukukan angka 13,8 juta PC, naik 10 persen dibanding tahun lalu. HP hanya mampu membukukan angka 13,6 juta PC turun hingga 16 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini menyebabkan HP harus turun ke posisi kedua dalam jumlah PC yang berhasil dikapalkan.

“Walaupun ada berbagai laporan pangsa pasa PC, beberapa tidak mengukur pasar secara keseluruhan. Analisis IDC meliputi segmen workstation yang sangat penting dan karena itu lebih komprehensif. Menurut laporan IDC, HP menempati nomor 1 di PC,” tanggapan resmi dari HP.

Secara umum, penjualan PC memang mengalami penurunan hingga 8,3 persen dibanding tahun lalu. Penurunan penjualan tak hanya dialami oleh HP tapi juga produsen yang menempatu urutan ketiga dan keempat, yakni Dell dan Acer. Dell mengalami penurunan hingga 14 persen dan Acer mengalami penurunan hingga 10 persen dari tahun lalu.

Posisi kelima ditempati oleh produsen asal Taiwan, Asus. Asus adalah satu-satunya produsen selain Lenovo yang mengalami peningkatan penjualan. Penjualan Asus meningkat hingga 12 persen dibanding tahun lalu.

Muncul pertanyaan, mengapa Apple tak masuk dalam daftar 5 vendor PC terbesar? Jelas, karena Gartner hanya menghitung penjualan komputer desktop, notebook dan tidak menyertakan komputer jenis tablet seperti iPad.

Seperti yang dilansir dari The Verge (10/10/2012), ada perbedaan hasil laporan antara Gartner dengan IDC, dimana menurut IDC, HP masih menempati posisi nomor 1 sebagai vendor PC terbesar di dunia.

Meski demikian, baik IDC maupun Gartner sama-sama menemukan penurunan penjualan HP hingga 16 persen dan laporan keduanya sama-sama menunjukan terjadi peningkatan penjualan oleh Lenovo dan Asus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda