Scroll to Top

Lionel Messi Akan Meraih Ballon d’Or 2012?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 11 Oct 2012

Lionel Messi Akan Meraih Ballon d'Or 2012

Siapakah yang akan mendapatkan Ballon d’Or 2012? Apakah Lionel Messi akan mendapatkan Ballon d’Or keempatnya berturut-turut? Ataukah tiba saatnya bagi Cristiano Ronaldo mendapatkan penghargaan ini? Atau, ada kejutan dengan munculnya nama lain?

Sebuah kebetulan unik. Ketika Lionel Messi dipotret dengan ketiga Ballon d’Or yang dimilikinya (2009, 2010, dan 2011) terlihat ada sedikit celah di sisi kanan foto. Seolah-olah, ada sebuah ruang untuk ditempati satu Ballon d’Or lagi. Ya, menuju Ballon d’Or 2012 mendatang, Lionel Messi menjadi salah satu favorit utama untuk menyandang gelar pemain terbaik dunia.

Tiga minggu ke depan, FIFA dipastikan sibuk untuk menyusun daftar 23 kandidat peraih Ballon d’Or 2012. Badan tertinggi sepakbola di planet kita ini, akan mengumumkan nama-nama dalam daftar tersebut pada 30 Oktober. Dan tentu saja, Lionel Messi ada di antara sekian nama tadi.

Saat ini, FIFA masih menggodok lebih dari 50 nama untuk diperas menjadi 23 kandidat. Nama-nama pesepakbola terkenal masuk dalam list ’50 besar’ ini. Semisal, dari Barcelona ada Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Javier Mascherano, Dani Alves, Alexis Sanchez, Cesc Fabregas, Gerard Pique, dan Carles Puyol. Sementara dari kubu Real Madrid, ada nama Iker Casillas, Sergio Ramos, Mesut Ozil, dan Xabi Alonso.

Di luar mereka yang tampil untuk duo Barcelona-Real Madrid, ada pula deretan pesepakbola andal lain. Misalnya, Didier Drogba, Radamel Falcao, Zlatan Ibrahimovic, Robin Van Persie, Mario Gomez, Manuel Neuer, Phillip Lahm, dan sang calon pemain terbaik dunia Neymar.

Setelah diperas menjadi 23 kandidat, calon peraih Ballon d’Or akan kembali disunting hingga menjadi 3 orang pada 30 November mendatang. Bertepatan dengan undian untuk Piala Konfederasi Brazil 2013. Banyak yang menjagokan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan masuk dalam tiga besar. Sementara, satu sisanya akan diperebutkan para pemain Spanyol yang berjasa meraih Euro 2012.

Andai Messi mendapatkan Ballon d’Or 2012, ia akan menjadi pemain pertama yang memperoleh empat Ballon d’Or. Michel Platini, Marco Van Basten, dan Johan Cruyff, tak mampu menyainginya.

Namun, perjalanan Messi mungkin tak semulus dugaan orang. Mengingat, Andres Iniesta bisa ‘mencuri’ gelar pemain terbaik Eropa meski dihimpit King Leo dan CR7. Nah, siapa tiga besar Ballon d’Or jagoan Anda? Tulis di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda