Scroll to Top

Tips Mencegah Anak Sakit Saat Melakukan Perjalanan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 11 Oct 2012

bermain di pantai

Perjalanan jauh yang dilakukan bersama anak memang perlu penanganan sendiri. Anak-anak memiliki ketahanan tubuh yang lebih riskan terhadap sakit dibanding orang dewasa. Kalau saja dalam perjalanan itu sang anak sakit, pasti tidak menyenangkan. Pasalnya, tujuan perjalanan jadi terganggu dan anak mesti menghadapi sakit di tempat yang asing baginya.

Dikutip dari QuickEasyFit, orang tua harus memperlakukan anak-anak dengan cara berbeda. Harapannya, anak tetap merasa fit dan sehat, serta agenda perjalanan dapat berjalan sempurna. Berikut ini beberapa tips menjaga anak-anak pada saat melakukan perjalanan:

  1. Atur waktu untuk beristirahat. Biasanya, ketika seseorang melakukan perjalanan jauh terlalu berambisi untuk segera cepat sampai di tujuan. Fisik manusia memiliki keterbatasan. Berikan kesempatan beristirahat bagi tubuh untuk meregangkan otot, relaksasi, dan memulihkan tenaga jika merasa capek di jalan. Jika membawa anak-anak, frekuensi istirahat sejenak barangkali perlu lebih sering dilakukan.
  2. Perjalanan yang jauh juga memerlukan asupan nutrisi yang penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Jika anak kurang menyukai makan sayuran atau buah, bawalah bekal makanan yang di dalam komposisinya telah dimasukkan berbagai jenis sayuran. Dengan begitu anak akan mengonsumsi makanan bergizi dengan cara yang menyenangkan. Perlu juga membawa multivitamin dengan rasa yang disukai anak-anak. Multivitamin membantu terpenuhinya vitamin yang diperlukan tubuh yang mungkin sulit dicukupi dari konsumsi makanan selama perjalanan.
  3. Ajak anak untuk cuci tangan sesering mungkin. Selama dalam perjalanan, biasanya akan berhadapan dengan tempat-tempat yang belum diketahui higienitasnya seperti toilet umum atau benda-benda lain yang mungkin banyak kuman. Kalau sampai masuk perut, anak-anak yang lebih rentan terkena penyakit. Mencuci tangan sebelum makan , terutama, dapat mencegah bakteri patogen masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi. Atau, bisa juga membawa cairan pencuci tangan yang biasanya memiliki bahan antikuman.
  4. Perjalanan jauh bisa membuat kelembaban kulit berkurang banyak. Kenakan tabir surya agar penguapan air dalam tubuh tidak berjalan cepat. Paparan matahari yang terlalu lama mengenai badan juga akan membuat tubuh merasa meriang. Jadi tidak ada salahnya memakai penutup tubuh lain , selain tabir surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda