Scroll to Top

Lemari Es Ini Hanya Terbuka Apabila Anda Senyum

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 11 Oct 2012

Kulkas Senyum

Apabila Anda lapar dan haus, dan ingin membuka sebuah lemari es (kulkas), alangkah baiknya untuk tersenyum. Sebab kulkas ini hanya akan terbuka apabila pembukanya sedang tersenyum. Seperti apa?

Para peneliti dari Universitas Tokyo mengembangkan sebuah lemari pendingin yang memungkinkan hanya terbuka jika orang yang membukanya tersenyum. Peneliti tersebut menyebut proyek mereka sebagai The Counter Happiness.

“Tujuannya untuk mendorong senyum secara alami di setiap kehidupan kita sehari-hari. Dilengkapi dengan built-in cybershot kamera yang memiliki sensor cahaya yang dapat memindai senyuman,” kata juru bicara tersebut dalam sebuah produk video.

Namun apakah mungkin orang yang sedang haus atau lapar di tengah malam harus dipaksa tersenyum tatkala ingin membuka kulkas? Meski sulit, namun mereka tetap harus melakukannya.

“Kami merasa bahwa ‘happiness counter’ akan mendorong tindakan ini saat berada pada sebuah keadaan tertentu setiap harinya. Dan dengan senyuman bisa meningkatkan suasana hati yang positif terlebih di masyarakat,” tambah jubir tersebut.

Serangkaian uji coba pun dilakukan guna memastikan efektivitas proyek tersebut. Di hari-hari pertama, orang cenderung ‘memaksakan’ senyumannya. Namun setelah hari kesepuluh, senyuman tersebut cenderung alami dan ikhlas.

Peneliti juga percaya jika semakin meningkatnya senyum yang dihasilkan maka akan semakin menambah semangat yang akan berdampak pada peningkatan produktivitas kerja.

“Peningkatan senyum di tempat kerja akan menambah suasana untuk semua orang yang mungkin akan menghasilkan beberapa ide segar,” aku jubir tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda