Scroll to Top

Mobil Sport Listrik Pesanan Dahlan Iskan Dibuat di Yogyakarta

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 11 Oct 2012

mobil sport listrik dahlan iskan

Salah satu dari deretan mobil pribadi yang akan dimiliki Menteri BUMN Dahlan Iskan adalah sebuah mobil listrik. Hebatnya lagi, mobil tersebut dirakit di Yogyakarta. Jenisnya mobil sport. Mobil tersebut diproduksi di pabrik yang bernama nama Kupu-Kupu Malam.

Nama Kupu-Kupu Malam sendiri sudah cukup dikenal. Pabriknya selain di Yogyakarta, juga ada di Amerika Serikat dan bekerjasama dengan pengrajin di sana. Saat ini sekitar Kupu-Kupu Malam sudah punya pesanan 25-45 mobil sport listrik. Harga per unitnya bisa mencapai Rp 1 miliar hingga Rp 1,5 miliar. Dan, rencananya saat produksi massal nanti akan dibuat 200-400 unit mobil listrik.

Sementara pada mobil sport listrik milik Dahlan, konsepnya digarap Danet Suryatama. Mobil Dahlan dikemas dengan body warna merah. Kesan menantang didapatkan pula dari bentuk lekuk bodi. Pintunya dibuat sistem buka ke atas.

Interiornya belum sempurna. Saat ini mobil pesanan Dahlan baru terlihat “sangar” dari luar karena belum sepenuhnya selesai. Dalamnya masih perlu dtambahkan jok belakang dan aksesoris yang diperlukan. Hanya saja, ukurannya mungkin terlihat bongsor. Cukup besar seperti halnya mobil sport. Di balik besarnya dimensi, kabinnya nanti dibuat lebih longgar.

“Ya lebarnya segini dan cukup leluasa bila kita masuk mobilnya,” kata Dahlan, seperti dikutip Antara, sewaktu meninjau mobil listrik pesanannya usai melakukan rapat koordinasi BUMN di Yogyakarta kemarin (10/10)

Untuk performanya, baterai yang ditanamkan pada mobil ini bisa dipakai untuk berkendara hingga ratusan kilometer. Sekali isi baterai penuh dengan waktu charge kurang lebih empat jam, mobil ini bisa dipakai untuk menempuh jarak kira-kira 320 kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda