Scroll to Top

PSSI: KONI Jangan Campuri Urusan Timnas Indonesia!

By Aditya / Published on Friday, 12 Oct 2012

Djohar Arifin Husin

Kisruh sepakbola nasional semakin bertambah ruwet. Tak hanya melawan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti, PSSI di bawah rezim Djohar Arifin Husin ternyata juga menjadikan KONI sebagai musuh. PSSI tampaknya kesal karena menilai KONI telah turut campur dalam urusan pengelolaan Timnas Indonesia.

Sebelumnya, PSSI tidak menghadiri undangan dari KONI terkait dengan pembicaraan mengenai Timnas Indonesia. Yang hadir dalam forum tersebut hanyalah perwakilan dari KPSI. Meskipun demikian, pertemuan itu tetap terlaksanan kendati tanpa utusan dari PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin.

Djohar Arifin Husin pun angkat bicara perihal ketidakhadiran wakil PSSI di pertemuan yang digagas oleh KONI tersebut. PSSI menyatakan kekecewaannya terhadap KONI karena dinilai mulai turut campur dalam pembentukan Timnas Indonesia yang akan diturunkan di AFC Cup 2012 maupun Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2013 nanti.

Sebagai Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin pun meminta kepada KONI agar instropeksi diri dan tidak lagi turut campur dalam urusan sepakbola yang menjadi wilayah kerja PSSI. Menurut Djohar Arifin Husin, KONI seharusnya menyelesaikan urusannya sendiri daripada mencampuri urusan pihak lain.

“Kita mendengar apa yang dikatakan KONI kemarin, yaitu ingin mencampuri pembentukan timnas. Kita menyatakan kasihan melihat KONI yang tidak mampu melaksanakan AD/ART-nya sendiri!” tukas Djohar Arifin Husin di Jakarta belum lama ini.

Tak hanya itu, PSSI yang sebenarnya telah beberapa kali bermasalah dengan KONI pun melemparkan tuduhan bahwa ada konspirasi jahat yang saat ini sedang direncanakan oleh KONI dan KPSI. Maka dari itu, PSSI tampaknya tidak akan memenuhi setiap agenda yang digagas KONI maupun KPSI.

KONI sendiri bertekad akan terus mengundang PSSI demi menyelesaikan konflik dengan KPSI sekaligus mendiskusikan banyak hal, termasuk Timnas Indonesia. Sebagai induk cabang olahraga nasional, KONI merasa perlu berperan menjadi penengah atas polemik yang terjadi di persepakbolaan Indonesia saat ini.

Mengenai Timnas Indonesia, KONI berharap segera terwujud penyatuan timnas seperti yang telah diamanatkan dalam hasil rapat kedua Joint Committee (JC) atau Komite Gabungan. Timnas Indonesia memang dikelola oleh PSSI, namun peran Joint Committee tetap tidak bisa ditinggalkan sebagai pihak yang bertugas menjaga harmonisasi antara kedua kubu yang bertikai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda