Scroll to Top

E-Paper, Teknologi Baru Menggantikan Kertas?

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 10 Aug 2011

Kita melakukan kegiatan cetak mencetak tentu menggunakan kertas, tapi kini ada solusi baru dalam mencetak dokumen anda, dan solusi tersebut bernama e-paper yang diperkirakan bisa menggantikan kegunaan kertas biasa, print seperti biasa, dan jika sudah tidak digunakan lagi, cukup didaur ulang untuk digunakan lagi.

Nama e-paper tersebut adalah i2R dan digunakan pada thermal printer. Juga bisa dihapus isinya menggunakan cara yang sama. Penggunaan berkali-kali semacam ini tentu menghemat kertas.

Bandingkan jika anda ingin mencetak dokumen dengan jumlah banyak yang tentunya memakai kertas juga banyak, dan jelas harga yang akan menguras kantong anda. Ada pertanyaan yang cukup menarik, seberapa mudah mendaur ulang kertas i2R jika sudah melewati batas pemakaiannya?

i2R dikembangkan dengan cara memakai cholestric liquid crystal. Satu lembarnya bisa mencapai 300dpi dan berwarna, tapi membutuhkan panas tertentu untuk mengubahnya.

Tim pengembang i2R yaitu Industrial Technology Research Institute berharap i2R tidak hanya dipakai sebagai alternatif kertas A4 saja tapi juga untuk menggantikan kertas berukuran besar, katakanlah seperti yang ada di papan reklame, dan tentunya ini berguna bagi perusahaan percetakan iklan reklame karena menghemat begitu banyak pengeluaran.

Cek langsung di situs resminya. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda