Scroll to Top

PSSI Anggap ISL Ilegal, Inilah Daftar Klubnya!

By Aditya / Published on Friday, 12 Oct 2012

PSSI ISL

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin secara mengejutkan telah mencabut pernyataannya mengenai pengakuan terhadap kompetisi Indonesia Super League (ISL). Padahal, sebelumnya, sejumlah petinggi PSSI telah menyatakan pengakuan ISL dengan harapan para pemain ISL bersedia memperkuat Timnas Indonesia atas nama kepentingan bangsa dan negara.

Namun, pengakuan terhadap ISL tersebut justru menimbulkan dampak yang kurang menguntungkan bagi PSSI. Selain klub-klub ISL masih enggan melepas pemainnya ke Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar, sejumlah klub yang semula bernaung di bawah kompetisi PSSI (IPL dan Divisi Utama LPIS), justru memilih menyeberang ke ISL.

Dua klub Indonesia Premier League (IPL) yang sudah pasti hijrah ke ISL untuk musim depan adalah sang juara bertahan IPL Semen Padang dan Persijap Jepara. Beberapa klub lain pun sudah menyatakan minatnya untuk pindah jalur, sebut saja Persiba Bantul, Arema IPL, hingga klub Divisi Utama PSSI Persis Solo.

Oleh karena itu, PSSI melalui sekjen Halim Mahfudz menegaskan bahwa PSSI tidak pernah mengakui ISL sebagai kompetisi resmi. Dengan kata lain, ISL masih dianggap liga ilegal oleh PSSI. Statement Halim Mahfudz ini bertolak-belakang dengan pernyataan sejumlah pejabat PSSI sebelumnya yang menyebut ISL sudah resmi diakui.

Tak hanya itu, PSSI pun merilis deretan klub yang dianggap ilegal. Klub-klub tersebut semuanya adalah peserta ISL dan Divisi Utama PT Liga Indonesia yang bernaung di bawah pengelolaan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti. Berikut ini adalah klub-klub yang disebut ilegal oleh PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin:

Klub ISL:

Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, PSPS Pekanbaru, Persisam Putra Samarinda, Persib Bandung, Pelita Jaya, Sriwijaya FC, Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persiram Raja Ampat, Persidafon Dafonsoro, PSAP Sigli.

Klub Divisi Utama PT Liga Indonesia:

PSGL Gayo Lues. Persih Tembilahan, Persita Tangerang, Persip Pekalongan, Persitema Temanggung, Persiku Kudus, PSIM Yogyakarta, PSMP Mojokerto, PSBK Blitar, Persekam Metro Malang, Persid Jember, Persepam Pamekasan, PS Sumbawa Barat, Barito Putra, Persigo Gorontalo, Perssin Sinjai, PSBS Biak, Perseru Serui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda