Scroll to Top

Timnas Indonesia PSSI Belum Puaskan Nil Maizar

By Aditya / Published on Friday, 12 Oct 2012

Timnas Indonesia Brunei

Nil Maizar rupanya belum puas dengan performa Timnas Indonesia bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin yang diasuhnya. Aksi yang disuguhkan oleh Irfan Bachdim dan kawan-kawan dinilai masih banyak kelemahan, terutama dalam hal transisi permainan, yakni keseimbangan antara lini serang, tengah, dan pertahanan.

Eks pelatih Semen Padang itu memberi contoh, ketika pemain yang seharusnya berposisi sebagai striker usai menyerang, maka ia harus segera kembali ke belakang karena terjadi kekosongan di lini kedua. Singkat kata, transisi antara lini yang terjalin di skuat tim Merah Putih sekarang belum seperti apa yang diinginkan Nil Maizar dan tim pelatih.

“Transisi masih kurang. Saat tendangan Irfan (Bachdim) melambung ke atas mistar, dia harus buru-buru ikut mundur ke belakang, karena bila tidak maka kita kekurangan seorang pemain,” keluh Nil Maizar usai memimpin latihan pasukan Garuda di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta kemarin sore.

Latihan Timnas Indonesia PSSI sendiri diikuti oleh 24 pemain. Nil Maizar membagi para pemainnya menjadi dua grup. Grup pertama dihuni oleh Irfan Bachdim, Ellie Aboy, Okto Maniani, Diego Michiels, Wahyu Wiji Astanto, dan lain-lain. Sedangkan penghuni grup kedua antara lain Andik Vermansyah dan Titus Bonai alias Tibo.

Timnas Indonesia PSSI asuhan Nil Maizar ini memang sedang serius menjalani latihan sebelum diterjunkan ke ajang AFF Cup 2012 yang akan digelar pada 24 November hingga 22 Desember 2012 di Malaysia dan Thailand.

Sebagai bagian dari persiapan, Timnas Indonesia PSSI akan bertandang ke Vietnam pada 16 Oktober 2012 dan kemudian ikut berpartisipasi di gelaran Batik Cup yang berlangsung pada 19-21 Oktober 2012. Di Batik Cup yang digelar di Solo, pasukan Garuda senior akan menghadapi Timnas Indonesia U-23, All Star Divisi Utama PSSI, dan Divisi Utama U-23.

Mengenai Vietnam, Nil Maizar pun angkat bicara. Menurutnya, Vietnam adalah tim yang kuat, apalagi mereka bertanding di kandang. Namun, Nil Maizar menegaskan tetap akan memakai strategi menyerang meskipun tidak melupakan lini pertahanan. Di laga pertama yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya beberapa waktu lalu, Vietnam mampu menahan imbang Indonesia tanpa gol.

“Vietnam mempunyai strategi yang bagus dan akan tampil ngotot karena mereka bermain di depan publiknya. Kita nanti tidak akan bermain bertahan. Namun, tim harus fokus ke sektor pertahanan,” beber Nil Maizar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda