Scroll to Top

Facebook Down di Eropa, Anonymous Kaim Bertanggungjawab

By Ibnu Azis / Published on Friday, 12 Oct 2012

Facebook Blokir

Facebook dikabarkan sedang down di beberapa negara Eropa. Kabar ini berdasarkan laporan pengguna Twitter di kawasan Swedia, Denmark, Irlandia, Norwegia, dan Portugal. Menariknya, kelompok peretas Anonymous menklaim bertanggungjawab atas lumpuhnya jejaring sosial semiliar umat ini.

Dikutip dari CBSNEWS yang dilansir dari situs DownRightNow, kemungkinan terjadi sebuah ‘gangguan layanan’ di situs besutan Mark Zuckerberg tersebut. Sedangkan situs DownRightNow mengumpulkan informasi melalui beberapa metode. Seperti pengumuman resmi, laporan dari Twitter, serta laporan langsung dari situs yang bersangkutan.

https://twitter.com/GoogleFacts/statuses/256491200356417540

https://twitter.com/_inconnu/statuses/256480212143988736

Sebuah akun yang mengatasnakaman Anonymous di Twitter menyatakan bertanggungjawab atas padamnya Facebook di Eropa. Perlu dicatat jika akun ini adalah akun yang sama yang mengaku bertanggungjawab atas lumpuhnya situs GoDaddy pada 10 September lalu.

Namun GoDaddy waktu itu membantah jika down-nya situs mereka akibat ulah Anonymous. Mereka langsung mengeluarkan pernyataan resmi yang menjelaskan akibat padamnya situs mereka yakni terkait kerusakan jaringan internal.

Sementara itu situs VentureBeat melaporkan jika padamnya Facebook di Eropa bukan karena ulah peretas. Padamnya situs ini karena terjadi perubahan DNS sebagai salah satu proses optimisasi.

“Sebelumnya hari ini kami membuat perubahan ke DNS sebagai bagian dari tes optimasi lalu lintas, dan perubahan yang mengakibatkan beberapa pengguna yang sementara. Kami mendeteksi dan menyelesaikan masalah dengan segera, tetapi sejumlah kecil pengguna yang terletak di Eropa Barat mengalami masalah mengakses situs,” sangkal Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda