Scroll to Top

Dokter Pun Banyak Menjalankan Nasihat Kesehatan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 13 Oct 2012

dokter

Dokter seringkali menasihati pasiennya dengan berbagai masukan. Namun, seberapa sering dokter menerapkan nasihat kesehatan pada dirinya sendiri?

Menurut laporan Gallup-Healthways, para dokter diketahui memang lebih tinggi dalam menerapkan kebiasaan sehat dibanding pekerja lainnya. Bahkan, dokter masih lebih baik mengikuti nasihat kesehatan dibanding para perawat.

Studi ini dilakukan di Amerika Serikat ini mengambil sampel 591.821 orang dewasa. Mereka diwawancarai melalui sambungan telepon. Dari total responden tersebut diketahui ada 1.984 orang yang berprofesi sebagai dokter dan 7.166 orang sebagai perawat. Studi dilakukan pada Januari 2011 hingga Agustus 2012.

Para responden salah satunya dinilai berdasarkan indeks kesehatan fisik Gallup-Healthway. Indeks tersebut menilai faktor obesitas, pilek, flu, sakit kepala, jumlah sakit pada bulan lalu, penyakit, dan waktu untuk beristrirahat. Hasilnya, responden yang berprofesi dokter memiliki angka indeks 86. Sementara untuk perawat nilai indeksnya 80 dan yang lain 81.

Untuk penilaian terhadap indeks perilaku sehat, dokter meraih angka 70. Pada perawat, mereka mendapat angka 63. Dan, pekerja lainnya memiliki indeks 63. Yang dinilai pada indeks ini adalah merokok, olahraga, dan konsumsi makanan sehat.

Seperti diberitakan Huffingtont Post, dalam studi ini juga didapatkan temuan yang lebih spesifik. Soal kebiasaan merokok, dokter yang merokok sejumlah 4 persen, perawat 15 persen, dan pekerja lain 20 persen. Dalam kebiasaan berolahraga para dokter yang melakukannya ada 60 persen, perawat 59 persen, dan pekerja lain 62 persen.

Para dokter yang mengalami obesitas hanya ditemukan sekitar 13 persen, perawat dan pekerja lain sebesar 25 persen. Terakhir, dokter yang ditemui mengalami hipertensi sebanyak 16 persen, perawat dan pekerja lain sebanyak 22 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda