Scroll to Top

AMD Akan Pecat 3.500 Karyawan

By Ditya / Published on Sunday, 14 Oct 2012

AMD APU

Advanced Micro Device atau AMD berencana akan melakukan PHK besar-besaran dengan memecat kurang lebih 3.500 karyawan. Langkah ini diambil AMD untuk mengurangi kerugian akibat menurunnya penjualan.

Beberapa sumber seperti CNET, All Things D, Bloomberg dan Reuters mengatakan bahwa AMD akan berencana untuk melakukan PHK besar-besaran sebanyak 3.500 karyawan atau sekitar 30 persen dari seluruk karyawan AMD. PHK besar-besaran ini merupakan buntut dari penurunan penjualan AMD.

Ada pula sumber yang mengatakan bahwa AMD akan melakukan PHK masal secara bertahap, setidaknya 10 atau 20 persen dari staf dan karyawan yang bekerja di AMD. Produsen chip ini dikabarkan saat ini sedang mempertimbangkan pemecatan 30 persen pekerjanya secara bersamaan. Sampai bulan Juni 2012, jumlah karyawan AMD mencapai 11.737 karyawan.

Meski masih sebatas rumor, namun perampingan karyawan ini cukup mengejutkan. Perampingan terakhir yang dilakukan AMD terjadi pada bulan November tahun lalu dimana AMD memecat sekitar 1.400 karyawan termasuk beberapa eksekutif senior.

AMD yang merupakan produsen prosesor x86 terbesar kedua ini memang harus bersaing ketat melawan Intel yang saat ini menguasai lebih 80 persen pasar prosesor. AMD sendiri tampaknya masih mengandalkan price/performance untuk bersaing dengan Intel.

Selain produsen prosesor, AMD juga produsen chip grafis Radeon. Di pasar grafis, posisi AMD Radeon lebih kompetitif dengan mengasai lebih dari 45 persen pasar dan terus bersaing dengan seterunya di pasar grafis, Nvidia GeForce.

Seperti yang dilansir dari The Verge (12/10/2012), pendapatan AMD mengalami penurunan hingga 11 persen pada kuartal ketiga tahun ini, lebih rendah dari yang diperkirakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda