Scroll to Top

Timnas Indonesia PSSI Bisa Apa Tanpa Pemain Semen Padang?

By Aditya / Published on Monday, 15 Oct 2012

Timnas Indonesia Brunei

Timnas Indonesia bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin yang diasuh oleh Nil Maizar terancam bakal kehilangan sejumlah pemain pilarnya. Juara Indonesia Premier League (IPL) musim lalu, Semen Padang, yang kini telah resmi hijrah ke Indonesia Super League (ISL) menyatakan akan menarik 9 pemainnya dari timnas apabila konflik PSSI belum bisa diredakan.

Ancaman tersebut tentunya membuat PSSI dan Nil Maizar pening tujuh keliling. Pasalnya, ke-9 pemain Semen Padang selama ini menjadi para pemain yang diandalkan lantaran tidak ada satupun pemain ISL yang bergabung dengan Timnas Indonesia PSSI. Apesnya lagi, persiapan menuju AFF Cup 2012 yang akan digelar di Malaysia dan Thailand pada akhir November mendatang pun semakin mepet.

Ke-9 pemain Semen Padang yang akan ditarik dari timnas antara lain Elie Aiboy, Hengki Ardiles, Vendry Mofu, dan para rekrutan baru seperti Wahyu Wiji Astanto, Hendra Bayauw, Titus Bonai, Novan Setya, Jajang Paliama, dan Nur Iskandar.

Manajemen tim Kabau Sirah menyatakan bakal menarik para pemainnnya dari Timnas Indonesia apabila PSSI masih berjalan sendiri dalam pengelolaan timnas, atau tidak melibatkan peran Joint Committee (JC) alias Komite Gabungan yang memang telah diserahi wewenang sebagai pihak yang menjaga harmonisasi.

Akibatnya, hingga saat ini penyatuan Timnas Indonesia belum juga terlaksana. PSSI masih kukuh dengan timnas pilihannya, begitu pula dengan KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti yang tetap berjalan dengan timnas The Real Garuda yang ditukangi oleh Alfred Riedl.

”(Alasan penarikan pemain Semen Padang dari Timnas Indonesia PSSI) Ini karena belum ada harmonisasi dengan JC, dan PSSI juga masih belum mau melebur timnas,” tandas Komisaris PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP), Toto Sudibyo, belum lama ini.

Alamat buruk bagi Timnas Indonesia PSSI jika Semen Padang benar-benar memulangkan ke-9 pemainnya. Seperti diketahui, para pemain Kabau Sirah adalah tulang punggung di skuat Nil Maizar. Hengki Ardiles, Novan Setya, dan bek jangkung Wahyu Wiji Astanto yang baru saja didatangkan dari Persiba Bantul merupakan penghuni inti barisan belakang Timnas Indonesia PSSI selama ini.

Adapun Vendry Mofu dan sejumlah gelandang baru Semen Padang seperti Jajang Paliama dan Hendra Bayauw juga memiliki peran penting di Timnas Indonesia PSSI lantaran minimnya stok pemain tengah berkualitas.

Di lini serang, Timnas Indonesia PSSI terancam tanpa greget apabila Elie Aiboy, Titus Bonai, dan Nur Iskandar, meninggalkan skuat. Nah, menurut kamu, apa yang akan terjadi dengan tim Garuda di AFF Cup 2012 apabila para pemain Semen Padang benar-benar hengkang dari timnas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda