Scroll to Top

Lionel Messi, Dari Alam Semesta Mana Kau Berasal?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 15 Oct 2012

Lionel Messi, Dari Alam Semesta Mana Kau Datang

Lionel Messi, dari alam semesta mana kau datang? Demikian yang dipilih sebagai judul berita Mundo Deportivo untuk mengupas keberhasilan Argentina dalam menekuk musuh bebuyutan Uruguay 3-0. King Leo mencetak 2 gol. Artinya, semakin dekat pula kemungkinannya melampaui Pele dan Gabriel Batistuta. Dalam sebuah wawancara, Messi menyebut, bahwa ia mengingat sebuah gol, bukan karena keindahan cara mencetak golnya, tetapi seberapa penting gol tersebut untuk membantu tim.

Lionel Messi mencetak gol lagi, Argentina menang lagi. Satu gol cantik berkat Angel Di Maria dan satu tendangan bebas berkelas, dibuat King Leo untuk kemenangan Argentina atas Uruguay 3-0. Tiga angka membawa Argentina memuncaki klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2014 zona CONMEBOL.

Meski menjadi mesin gol untuk klub maupun negaranya, Messi tetap seperti dulu. Baginya, gol untuk tim lebih penting. Baru saja ia diwawancari oleh FIFPro seputar mana gol yang lebih baik dari dua golnya ke gawang Fernando Muslera. Apakah kala meluncur dengan dua kaki meneruskan umpan Angel Di Maria, ataukah kala tendangan bebas datarnya mengecoh dinding hidup Uruguay? King Leo tak memilih keduanya.

Ia menjawab, “Saya mengingat sebuah gol, bukan karena cara mencetak golnya, tetapi penting atau tidaknya gol tersebut untuk tim.”

Dua di antara gol-gol terpenting dalam karier Messi adalah yang dilakukannya musim lalu. Yaitu, gol kedua Barca ke gawang Athletic Bilbao dalam kemenangan 3-0 di Copa del Rey 2012, dan gol pembuka Barcelona dalam kemenangan sensasional 4-0 atas Santos di Piala Dunia Antar Klub 2011.

Secara tersirat, King Leo kembali menegaskan, membawa tim menjadi juara (dengan mencetak gol di partai penentuan atau final) jauh lebih penting daripada mengurus skill individu.

Bicara tentang gol, dua gol Lionel Messi ke gawang Uruguay, membuatnya mencetak 11 gol hanya dalam 7 pertandingan internasional tahun ini.  Artinya, hanya butuh 9 gol lagi hingga akhir tahun –untuk Barca dan timnas Argentina– untuk melampaui rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dalam setahun. Lalu, tinggal 5 gol lagi King Leo melampaui Diego Maradona di peringkat ketiga top skor Argentina. 27 gol lagi, untuk melewati Gabriel Batistuta. Sebuah hal yang sangat mungkin di usia Messi yang masih 25 tahun. Sebuah hal yang membuat kata-kata “Lionel Messi dari alam semesta mana kau berasal” ala Mundo Deportivo sedikit masuk akal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda