Scroll to Top

Garuda Games, Pengembang Game iOS Lokal Dengan 30 Aplikasi di App Store

By Ditya / Published on Monday, 15 Oct 2012

Steampunk Warrior

Kemampuan pengembang aplikasi lokal memang tak bisa dipandang sebelah mata, Garuda Games contohnya. Garuda Games adalah pengembang game iOS asal Indonesia yang telah berkiprah dikancah internasional.

Sebenarnya kemampuan sumber daya manusia Indonesia ini termasuk unggul, hal ini ditunjukan dengan pestasi pengembang game iOS asal Indonesia, Garuda Games yang telah berkiprah di pasar internasional terutama untuk platform Apple iOS. Garuda Games ini dikabarkan telah memiliki sekitar 30 aplikasi untuk iOS di App Store.

Game besutan Garuda Games yang telah hadir di Apple App Store terdiri dari berbagai macam genre mulai dari first person shooter (FPS), edukasi hingga game kasual.

Garuda Games yang telah meluncurkan sekitar 30 game dan aplikasi di Apple App Store ini sebagian ada yang berlisensi free atau gratis ada juga yang menggunakan lisensi Freemium bahkan ada beberapa game yang menggunakan uang sungguhan untuk membeli suatu item di dalam game.

Lisensi freemium sendiri sebenarnya sudah tak asing lagi, dimana pengguna dapat mengunduh game atau aplikasi freemium dengan gratis namun diperlukan biaya untuk membeli item tertentu atau memainkan level tertentu.

Seperti yang dilansir dari KompasTekno (15/10/2012), salah satu game besutan Garuda Games adalah sebuah game survival berjudul Steampunk Warrior, dimana pemain harus bertahan dari gempuran musuh.

“Hingga saat ini, kami sudah memiliki sekitar 30 aplikasi untuk iOS. Semuanya bisa didapatkan di Apple App Store. Kebanyakan game kami yang ada di App Store kebanyakan free, ada pula yang freemium. Ada beberapa game yang membutuhkan uang nyata untuk membeli item dalam game,” kata Gregorus Eko Susanto M, Game Designer Garuda Games.

Garuda Games sampai saat ini memang belum membuat aplikasi atau game untuk platform Android yang saat ini sedang naik daun. Garuda Games beralasan bahwa pihaknya sejak awal mengembangkan game untuk Apple iOS dan memerlukan biaya yang cukup mahal untuk melakukan porting game ke Android.

“Untuk melakukan port aplikasi dari iOS ke Android dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Diperlukan tool tambahan untuk melakukan hal tersebut,” tambah Gregorius Eko Susanto M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda