Scroll to Top

Cara Menghindari Spam di Twitter

By Ibnu Azis / Published on Monday, 15 Oct 2012

Twitter Iklan

Spam bagai tak memiliki rem. Keberadaannya terus melaju deras tanpa bisa dihentikan. Pengguna hanya bisa mengelak serta mencegah. Dan berikut sedikit tips cara menghindari spam di Twitter.

Spam DM

Hanya pengguna yang Anda ikuti yang bisa mengirim direct message (DM). Sehingga jangan mengikuti spamers. Lantas apa pertanda spamers? Jika pengguna tersebut mengirim DM yang sama – baik itu konten (link) maupun tweet-nya – dan berulang-ulang, langsung unfollow.

Cara lain adalah dengan mengikuti akun Twitter Spam. Akun ini adalah akun resmi dari Twitter yang dihadirkan secara khusus untuk mengedukasi pengguna akan bahaya spam.

https://twitter.com/spam/status/150370561070084096

Untuk pencegahan, setiap kali Anda menerima DM yang berisi tautan, jangan klik atau mengunjungi tautan tersebut. Langsung hapus DM yang diterima. Cara lain yakni dengan mencabut akses (revoke) aplikasi yang terindikasi ‘berbahaya’ di menu setting.

Blok pengguna

Jika Anda sudah tidak mengikuti pengguna yang dicurigai nyepam namun tetap saja menerima spam darinya (mention), blokir saja pengguna tersebut. Dengan pemblokiran ini pengguna tersebut tak akan bisa:

  • Menambahkan Anda di list.
  • Menerima @replies mereka di mention meski akan tetap muncul di search.
  • Mengikuti Anda.
  • Melihat profil Anda khususnya foto dan di timeline mereka.

Spam memang tak memiliki mata. Mereka terkadang pukul rata atau melakukan aksinya secara random. Namun Anda tetap bisa siaga dan waspada terhadap spam dengan beberapa trik sederhana di atas.

Kuncinya hanya dua: teliti dan waspada. Cermati akun yang dicurigai dan lakukan tindakan. Dengan dua action tersebut ancaman spam bisa diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda