Scroll to Top

Timnas Indonesia PSSI Depak Tibo Dari AFF Cup 2012

By Aditya / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Titus Bonai

Timnas Indonesia bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin harus kehilangan salah satu penyerang yang sebenarnya sangat bisa diandalkan, yakni Titus Bonai alias Tibo. PSSI terpaksa mencoret aset Papua itu dari skuat yang akan diterjunkan ke AFF Cup 2012 pada akhir November nanti lantaran pelanggaran disiplin.

Titus Bonai memang terkenal sebagai pesepakbola muda berbakat yang eksentrik. Tak jarang mantan penyerang Persipura Jayapura ini berlaku kontroversial. Terakhir, yang kemudian membuat PSSI kesal, Titus Bonai tiba-tiba menghilang dari skuat Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar yang akan bertanding melawan tuan rumah Vietnam, Selasa (16/10/2012) hari ini.

Ya, Tibo tidak terlihat di Hanoi, Vietnam, usai rombongan tim Garuda mendarat. Nil Maizar pun dibuat bingung dan awalnya tidak tahu ke mana perginya si pemilik nomor 25 itu. Usut punya usut, Titus Bonai dikabarkan masih berada di Indonesia lantaran tertidur di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta jelang keberangkatan skuat timnas ke Vietnam.

“Katanya ketiduran, padahal sudah boarding,” keluh Penanggungjawab Timnas Indonesia PSSI, Bernhard Limbong, mengomentari kelakuan Tibo.

Apa yang dilakukan oleh Titus Bonai itu dinilai PSSI sebagai tindakan yang melanggar disiplin. Setelah mempertimbangkan sikap Tibo yang kerap tidak bisa ditebak, persis aksinya di lapangan hijau, PSSI pun memutuskan untuk mencoret nama Titus Bonai dari skuat timnas AFF Cup 2012.

“Tibo ini memang fenomenal. Kalau tidak diurus dengan kepala dingin pasti akan sulit. Makanya kami putuskan Tibo dicoret dari Timnas Piala AFF,” tandas Bernhard Limbong.

“Sebagai anak bangsa, (ini) tidak boleh dibiarkan. Semoga Tuhan memberikan jalan yang benar,” lanjutnya.

Meskipun masih muda, karir sepakbola yang telah dijalani Tibo memang sarat kontroversi. Pemain yang kini berbaju Semen Padang ini pernah ”membangkang” dari Persipura dan memilih bergabung dengan Timnas Indonesia PSSI kendati tidak diizinkan oleh manajemen tim Mutiara Hitam.

Kemudian, Tibo pernah dikabarkan telah meneken kontrak dengan klub papan atas Thailand, BEC Tero Sasana, namun urung terjadi karena ada pemalsuan dokumen yang dilakukan oleh oknum PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) yang mengaku sebagai agen Tibo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda