Scroll to Top

Cristiano Ronaldo Menjadi CR100

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Cristiano Ronaldo Menjadi CR100 (3)

Cristiano Ronaldo tinggal menunggu waktu menjadi CR100. Ya, dalam pertandingan melawan Irlandia Utara pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa, Ronaldo akan memainkan partai ke-100nya bersama Portugal. Ia akan menjadi orang Portugal ketiga yang mencapai titik ini.

20 Agustus 2003.  Dalam pertandingan Portugal melawan Kazahstan, seorang pemuda berusia 18 tahun yang baru saja masuk ke Manchester United, masuk ke lapangan di awal babak kedua. Pemuda itu, Cristiano Ronaldo, menggantikan sosok Luis Figo untuk memulai debut bersama timnas senior Brazilnya Eropa ini.

Ia tak mencetak gol dalam laga tersebut. Negaranya pun hanya menang tipis 1-0. Namun, sembilan tahun berselang, pemuda ini telah berubah menjadi kapten timnas dengan naluri mencetak gol terbaik sedunia.

Cristiano Ronaldo. Siapa yang tak mengenal namanya? Penyerang Real Madrid senantiasa menjadi ancaman siapa pun. Baik kala bermain untuk Real Madrid, maupun untuk Portugal. Dan esok hari, Stadion Dragao, akan menyaksikan satu rekor baru dalam perjalanan baru CR7. Ia akan berubah menjadi CR100.

Cristiano Ronaldo Menjadi CR100 (2)

Ya, pertandingan melawan Irlandia Utara akan menjadi pertandingan internasional ke-100 bagi Ronaldo. Sebelumnya, ia sudah tampil 99 kali dan mencetak 37 untuk timnas Portugal.

Pencapaian Ronaldo sendiri tergolong istimewa. Di atasnya, cuma ada dua orang yang bisa bermain lebih dari 100 kali untuk Portugal. Mereka adalah duo dari generasi emas Selecao, yaitu Luis Figo (127 kali tampil) dan Fernando Couto (110 kali). Dengan usianya saat ini, hampir dipastikan CR7 kelak akan mampu melewati rekor Luis Figo.

Tak hanya urusan penampilan. Dalam masalah mencetak gol untuk timnas, Cristiano Ronaldo juga berpeluang menjadi yang terbaik. Saat ini, rekor pencetak gol tersubur untuk Portugal dipegang oleh Pedro Pauleta (47 gol). Butuh 11 gol bagi Ronaldo untuk melewatinya. Hal, yang tergolong mampu dijalani CR7 satu-dua tahun lagi.

Bicara kekurangan, kendala Ronaldo adalah belum terlalu tajamnya ia di timnas. Di tingkat klub, rerata golnya untuk Real Madrid bisa mencapai 1 gol lebih. Namun, dari 18 hattrick yang dibuat CR7 dalam 577 pertandingan bersama klub (Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid) dan timnas, belum ada satu kali hattrick pun yang diciptakan untuk negaranya.

Melawan Irlandia Utara, di penampilan ke-100, ketika menjadi CR100, bisa jadi Ronaldo akan bangkit; dan membuat Portugal yang baru saja tumbang dari Rusia (1-0) kembali ke trek kemenangan demi lolos ke Brazil 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda