Scroll to Top

MotoGP Ubah Format Kualifikasi Mulai Musim 2013

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Valentino Rossi Kualifikasi Indy 2012

MotoGP musim 2013 akan berlangsung sedikit berbeda dengan diperkenalkannya format baru sesi kualifikasi. Posisi pole nantinya hanya akan diperebutkan oleh 12 orang pembalap yang lolos hingga babak akhir kualifikasi atau yang disebut Qualifying Practice dua.

Nantinya sesi latihan bebas diadakan 4 kali dimana tiga diantaranya menentukan pembalap mana  yang berhak lolos ke tahap Qualifying Practice satu dan dua. Tiga sesi latihan bebas berlangsung selama 45 menit dan untuk sesi latihan bebas keempat berlangsung  selama 30 menit.

Khusus untuk latihan bebas keempat tidak akan mempengaruhi posisi grid pembalap saat lomba keesokan harinya.

Sepuluh pembalap dengan kombinasi waktu terbaik dari tiga sesi latihan bebas akan otomatis masuk ke Qualifying Practice dua, sementara sisanya harus menjalani Qualifying satu.

Dari Qualifying satu, hanya di ambil dua pembalap terbaik yang berhak melaju ke Qualifying dua. Pada Qualifying dua, akan ada 12 pembalap yang bisa terlibat dalam persaingan perebutan posisi pole.

Dua sesi kualifikasi terakhir masing-masing hanya berlangsung selama 15 menit. Format baru kualifikasi ini hanya akan diterapkan di kelas MotoGP.

Sebelumnya, penentuan posisi pole kelas MotoGP hanya terjadi satu kali pada sesi kualifikasi yang berlangsung selama satu jam. Sementara tiga sesi latihan bebas tidak berpengaruh terhadap posisi pembalap saat lomba di mulai.

Format Baru Kualifikasi MotoGP

Hari Pertama

  • Latihan Bebas 1 (45 menit) *Menentukan partisipasi sesi kualifikasi
  • Latihan Bebas 2 (45 menit) *Menentukan partisipasi sesi kualifikasi

Hari Kedua

  • Latihan Bebas 3 (45 menit) (Pagi) *Menentukan partisipasi sesi kualifikasi
  • Latihan Bebas 4 (30 menit) (Sore) *tidak mempengaruhi posisi pembalap di grid
  • Qualifying Practice 1 (15 menit) *Dua pembalap terbaik lolos ke QP 2
  • Qualifying Practice 2 (15 menit) *Sepuluh pembalap terbaik FP1, FP2, FP3 akan bergabung bersama Dua pembalap terbaik QP1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda