Scroll to Top

Barcelona Tiba di Era Terbaik Sepanjang Masa?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Luis Enrique

Dalam empat tahun terakhir, Barcelona meraih 14 gelar. Sebuah prestasi yang tak pernah didapatkan sebelumnya. Luis Enrique, mantan pelatih Barcelona B sekaligus eks pilar klub Catalan berkata, “Kita akan melihat Barcelona terbaik sepanjang masa. Maka nikmatilah.”

Empat tahun lalu, ketika seorang pria tak berpengalaman bernama Josep Guardiola diangkat sebagai pelatih, tidak ada yang pernah menyangka Barcelona bisa menjadi kekuatan raksasa seperti saat ini. Menjadi standard bagi klub mana pun yang tidak hanya ingin memetik hasil, tetapi juga menghibur penonton. Barca dahulu memang sudah demikian besar. Tapi, apa yang dilihat saat ini lebih besar daripada empat tahun lalu.

Dua gelar Liga Champions didapatkan dalam empat tahun terakhir. Sejauh ini, ditambah dengan kegagalan di Piala Super Spanyol 2012, Barcelona mendapatkan 14 gelar dalam 20 kompetisi yang diikuti.

Permainan yang memikat dan gelar demi gelar yang bagai jatuh dari langit. Hal inilah yang membuat Luis Enrique, mantan penyerang Barcelona akhir 1990-an hingga awal 2000-an, optimis. Katanya, “Kami sedang menjalani era terbaik Barcelona sepanjang masa; dan kita harus menikmatinya.”

Perubahan pelatih, dari Pep Guardiola ke Tito Vilanova, tak terlalu berpengaruh bagi pelatih AS Roma musim lalu. Baginya, Barcelona tetap memiliki identitas yang sama.

“Tito akan mengikuti jalur yang sama dengan Pep. Hanya ada sedikit perubahan spesifik. Gaya bermain dan identitas tim ini akan tetap membuat fans berbahagia,” sebut Enrique.

Luis Enrique adalah salah satu dari sedikit pemain yang berpindah, dari Real Madrid ke Barcelona. Uniknya, jebolan Sporting Gijon ini tak mau membicarakan Real Madrid yang tertinggal delapan angka dari Barca.

“Saya hanya tertarik pada Barca – kami berbuat demikian baik sehingga tak perlu membicarakan tim lain.”

Saat ini, klub kota kelahiran Enrique berkubang di Divisi Dua (Segunda Division). Tak menyenangkan memang, tapi pria berusia 42 tahun berusaha optimis. “Setiap tim memiliki masa-masa sulit seputar keberhasilan dan keadaan ekonomi mereka.”

Setuju dengan pendapat Enrique bahwa Barcelona tiba di era terbaik sepanjang masa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda