Scroll to Top

Andres Iniesta Ingin Pensiun di Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Andres Iniesta 2

Andres Iniesta ingin menutup kariernya di Barcelona. Ia juga memastikan, tidak ada konflik antara para pemain Barca dan Real Madrid di timnas Spanyol. Dan menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunai 2014 antara Spanyol vs Prancis, Iniesta menyatakan timnya menaruh hormat pada lawan mereka.

“Saya tak tahu apakah kelak akan berpindah ke klub lain. Namun, sejatinya saya tak ingin berpaling ke lain hati. Saya ingin mengakhiri karier bersama Barcelona,” demikian bayangan Andres Iniesta ketika diwawancarai oleh Le Monde. Sang gelandang serang Barca memang sudah terlanjur cinta pada klub yang membesarkan namanya ini.

Iniesta, yang berperan penting dalam kejayaan Barcelona dalam beberapa tahun terakhir, tetap rendah hati. Meski ia adalah pemain kunci, bukan tidak mungkin kelak ia terdepak. Dan, pemain terbaik Eropa tahun ini, memahami betul hal ini.

“Semua bergantung pada penampilan saya di lapangan. Jika bagus, saya akan bertahan di klub ini dalam waktu yang panjang.”

Bagi Iniesta, gelar demikian penting. Oleh karenanya, gagalnya Barcelona meraih gelar Liga Spanyol keempat dalam empat tahun berturut-turut pada musim lalu, tak mematahkan semangat. Sebaliknya, justru memberinya tenaga. “Kekalahan di liga lalu, membuat saya lebih memiliki motivasi untuk menghadapi musim ini.”

Konflik Barcelona-Real Madrid kadang dianggap berlebihan. Banyak yang percaya, rivalitas ini dibawa ke timnas Spanyol –yang memang kebanyakan diisi oleh pemain dari dua klub ini—. Iniesta menepis anggapan tersebut. Ketika berada di timnas, maka semua rivalitas lenyap, karena para pemain Spanyol memiliki tujuan sama; mengantar negara meraih kemenangan.

Spanyol sendiri, setelah dua kemenangan melawan Georgia (menang 0-1) dan Belarusia (0-4) akan menjamu lawan terberat di grup, Prancis. Mereka adalah juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000, plus memiliki skuad multi talenta.

Menanggapi duel maut ini, Iniesta berkata, “Spanyol senantiasa memiliki rasa hormat kepada tim nasional Prancis, dan para pemain mereka.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda