Scroll to Top

Windows 8: Test Awal, Kinerja Beda Tipis Dengan Windows 7

By Ditya / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Windows 8

Pengukuran awal yang dilakukan CNET menunjukan bahwa kinerja yang dihasilkan Windows 8 tak beda jauh atau hanya beda tipis dibanding pendahulunya, Windows 7.

CNET melakukan benchmark menggunakan sebuah komputer desktop Dell XPS yang mengusung spesifikasi prosesor Intel Core i7 dengan kecepatan 3,2GHz, memori RAM sebesar 8GB DDR3, kartu grafis Nvidia GeForce 8400GS dengan VRAM 512MB serta hardisk berkapasitas 1TB dari Western Digital.

Pengujian atau benchmmarking ini bertujuan untuk membandingkan kinerja antara Windows 7 dan Windows 8. CNET melakukan pengujian pada Windows 7 SP1 dan Windows 8 RTM masing-masing 2 kali. Hal ini disebabkan karena Microsoft merilis update untuk perbaikan kinerja Windows 8.

Hasil pengujian antara Windows 7 SP1 dengan Windows 8 RTM menunjukan bahwa perbedaan kinerja keduanya tidak signifikan atau hanya beda tipis, hal ini tak akan terasa ketika digunakan untuk komputasi sehari-hari.

bench win8

Windows 8 menunjukan waktu booting atau hidup lebih cepat dengan hanya 31 detik dan kemudian makin singkat setelah Windows 8 diperbarui dan membukukan angka 26,4 detik. Windows 7 memakan waktu yang agak lama, yakni 45,2 dan 47,5 detik.

Sementara untuk waktu shutdown atau mematikan komputer, Windows 7 terlihat  lebih cepat. Windows 7 membukukan angka 7,7 dan 7,8 detik untuk shutdown, sedangkan Windows 8 membukukan angka 8,8 dan 11,7 detik. Perbedaan yang sangat kecil ini tak akan terasa saat penggunaan sehar-hari.

Perbedaan yang tak signifikan juga ditunjukan pada pengujian menggunakan Microsoft Office, iTunes decoding, Media multitasking dan Cinebench juga menunjukan perbedaan kinerja yang tidak signifikan.

Perbedaan yang signifikan malah ditunjukan pada saat waktu instalasi, Windows 8 lebih cepat dari Windows 7 saat instalasi.

Seperti yang dilansir dari CNET (15/10/2012), secara umum kinerja Windows 7 dan Windows 8 bisa dikatakan sejajar. Windows 8 menawarkan berbagai hal baru yang cukup radikal, akankah Windows 8 dapat meneruskan kesuksesan Windows 7? Mari kita simak perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda