Scroll to Top

Perusahaan Mulai Menggunakan Facebook Untuk Merekrut Pegawai

By Melissa / Published on Wednesday, 10 Aug 2011

Meski sudah ada LinkedIn dan online job advertising lainnya, saat ini banyak perusahaan yang justru beralih ke Facebook untuk mencari pegawai baru.

Dikutip dari MobileDia, para analis mengatakan banyak perusahaan yang menganggap Facebook dengan 750 juta penggunanya merupakan tempat paling cocok untuk mencari pegawai potensial.

Hanya dengan memanfaatkan Facebook Page untuk merekrut pegawai, perusahaan tidak perlu lagi membayar mahal untuk memasang iklan di situs berbayar atau media cetak.

Waste Management, sebuah perusahaan pelayanan lingkungan di Houston, mengatakan bahwa hampir semua traffic di situs karir mereka berasal dari Facebook. Sekarang Waste Management menayangkan berbagai video tentang para pegawainya dan meminta para perekrut mereka berkomunikasi langsung dengan para pengguna Facebook untuk memperkerjakan 1500 pegawai baru.

Akan tetapi, Facebook tak ubahnya seperti pedang bermata dua jika dikaitkan dengan perekrutan pegawai. Federal Trade Commision di Amerika Serikat baru-baru ini memberikan lampu hijau kepada Social Intelligence Corp (SIC) untuk menilai calon pelamar berdasarkan aktivitas Facebook dan Twitter mereka.

Saat ini, SIC diperbolehkan untuk menyimpan data mengenai perilaku buruk calon pegawai di Facebook, seperti bergabung dengan grup yang berbau rasisme. Data tersebut disimpan SIC hingga tujuh tahun lamanya.

Meski kebijakan tersebut tidak diterapkan, para perekrut mengakui mereka akan tetap mengecek profil Facebook calon pegawai potensial mereka. Walaupun profil tersebut diubah menjadi privat, data calon pegawai seperti informasi pribadi, foto-foto dan situs yang di-Like tetap bisa diakses melalui pencarian Google.

Jika Anda tertarik dengan lowongan pekerjaan yang ada di Facebook, ada baiknya jika Anda mengecek lagi profil Facebook Anda, karena kredibilitas Anda bisa dinilai dari profil Facebook Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda