Scroll to Top

16 Besar Piala Dunia U-20: Guatemala Disingkirkan Portugal 1-0

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 10 Aug 2011

Mimpi Guatemala di Piala Dunia U-20 cuma berlangsung singkat. Mereka memang bisa lolos ke babak 16 besar setelah menang 1-0 atas Kroasia dalam pertandingan terakhir penyisihan grup. Namun, tidak ada keajaiban lagi bagi tim Amerika Tengah itu. Bahkan, sebaliknya, keajaibanlah yang melindungi Portugal, lawan mereka di babak 16 besar.

Dari segi tembakan ke gawang, pertandingan ini ditandai pertarungan ‘ketat’ keduanya untuk melepas shots on target. Portugal melepas 14 tendangan dan Guatemala 17. Namun, hanya dua tendangan dari kedua tim yang benar-benar mengancam gawang.

Meskipun Portugal mendominasi permainan hingga 60%, gol tidak lahir dari penguasaan bola yang banyak tersebut. Satu-satunya gol dalam pertandingan ini terjadi ketika kedua tim masih berbenah.

Menit enam, gelandang Portugal, Cedric diganjal di kotak penalti. Tanpa ampun, wasit Djamel Haimoudi asal Aljazair menunjuk titik putih. Dengan tepat, Nelson Oliviera menyelesaikan misinya. Tendangan si nomor 7 gagal dibentuk Roberto Padilla, kiper Guatemala.

Menit-menit berikutnya, dengan penguasaan bola yang baik, Portugal gagal mengkreasikan tambahan gol. Bahkan hingga pertandingan berakhir, Portugal tetap saja miskin peluang.

Sementara itu, Guatemala yang datang ke babak 16 besar dengan dewa keberuntungan, tetap memberikan perlawanan berarti. Termasuk tendangan bebas Kevin Norales, pemain pengganti, yang membentur tiang.

Dengan kemenangan ini, Portugal melaju ke babak perempat final. Namun, mengingat lini depan mereka tak tajam sejak penyisihan grup, tentu wakil Eropa ini mesti bersiap menerima hukuman dari Argentina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda