Scroll to Top

Xbox Music Resmi Meluncur Untuk Windows, iOS dan Android

By Ditya / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Xbox Music

Microsoft akhirnya secara resmi meluncurkan layanan Xbox Music untuk platform Windows, Apple iOS dan Android. Sayangnya, Xbox Music untuk Windows hanya mendukung sistem operasi Windows 8 saja, Windows 7 tak didukung.

Layanan Xbox Music sendiri adalah senjata Microsoft berupa layanan streaming musik serupa Spotify. Microsoft akan memperkenalkan 2 jenis layanan Xbox Music, yakni Xbox Music dengan iklan dan Xbox Music berlangganan.

Perbedaan mendasar antara Xbox Music dengan iklan dan Xbox Music berlangganan adalah hadirnya iklan dan biaya berlangganan. Layanan Xbox Music dengan iklan ini gratis, namun akan muncul iklan. Sedangkan layanan Xbox Music berlangganan adalah layanan bebas iklan, namun pengguna harus membayar USD $10 untuk berlangganan.

Pengguna Windows dapat mengunduh musik di Xbox Music dan memainkannya secara offline, sedangkan pengguna konsol Xbox 360 tak dapat melakukan hal yang sama. Pengguna Xbox 360 harus berlangganan Xbox Live Gold mengakses layanan ini.

Xbox Music ini juga hadir sebagai toko online musik digital layaknya iTunes besutan Apple. Xbox Music juga menyertakan fitur Smart DJ, yakni sebuah fitur yang memudahkan pengguna untuk menemukan musik melalui rekomendasi dan menyusunnya dalam playlist pribadi.

Layanan Xbox Music ini menyediakan musik dalam format WMA dengan bitrate 192kbps untuk streaming dan bitrate 256kbps sera bebas DRM (Digital Rights Management) untuk file lagu yang dibeli.

Seperti yang dilansir dari ArsTechnica (16/10/2012), layanan Xbox Music ini terlihat seperti layanan Microsoft Zune. Zune sendiri adalah sebuah player musik portabel yang gagal.

Platform Windows 7 dan Windows Phone 7 dikabarkan tidak didukung layanan Xbox Music, sedangkan untuk iOS dan Android akan segera menyusul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda