Scroll to Top

PSSI Pantau Calon Lawan Timnas Indonesia di AFF Cup 2012

By Aditya / Published on Tuesday, 16 Oct 2012

Timnas Indonesia - Palestina

PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin telah memantau calon lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar di gelaran AFF Cup 2012 pada akhir November 2012 nanti. Pemantauan terhadap calon rival Irfan Bachdim dan kawan-kawan tersebut dilakukan melalui analisis rekaman video pertandingan.

Di AFF Cup 2012 yang digelar di Thailand dan Malaysia nanti, pasukan Garuda tergabung di Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura, dan Laos. Di atas kertas, kekuatan Indonesia saat ini mungkin sepadan dengan Malaysia dan Singapura, sedangkan Laos secara kualitas masih berada di bawah ketiga macan ASEAN tersebut.

Koordinator Timnas Indonesia PSSI, Bob Hippy, mengatakan bahwa pihaknya telah mempelajari kekuatan calon lawan Indonesia di AFF Cup 2012 nanti melalui rekaman video dengan analis tim pelatih dari klub Brasil, Cruzeiro.

“Sejauh ini, kami berhasil mengetahui kekuatan lawan melalui hasil rekaman pertandingan yang dianalisa oleh tim pelatih dari Cruzeiro. Analisa dilakukan secara mendetail, baik pola permainan maupun fisik,” kata Bob Hippy di Jakarta belum lama ini.

Dengan menganalisis rekaman pertandingan calon lawan, Bob Hippy optimis pelatih Nil Maizar mampu mengambil tindakan dan strategi yang tepat untuk menghadapi laga-laga di AFF Cup 2012 nanti.

Lawan terberat yang bakal dihadapi Indonesia di Grup B adalah tuan rumah Malaysia. Di AFF Cup 2010 silam, Safee Sali dan kawan-kawan mampu merebut gelar juara di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Tentunya kali ini tim Merah Putih harus berhati-hati karena Malaysia akan bertanding di depan publiknya sendiri.

Untuk mempelajari perkembangan Malaysia, PSSI dan tim pelatih menganalisis pertandingan skuat Harimau Malaya saat menghadapi dua klub EPL, yakni Arsenal dan Manchester City, beberapa waktu silam.

Adapun Singapura juga tidak bisa dipandang remeh. Jika tak berhati-hati, bukan tidak mungkin tim Garuda akan keteteran menghadapi tim Singa. Oleh karena itu, PSSI menganalisis video rekaman Singapura ketika menjajal Hongkong. Sedangkan untuk tim kuda hitam Laos, PSSI dan tim pelatih memperhatikan rekaman pertandingan Laos saat bertanding di babak Kualifikasi AFF Cup 2012.

Dipelajarinya kekuatan para calon lawan dengan seksama memunculkan optimisme di kubu PSSI bahwa Timnas Indonesia bentukannya akan mampu berbuat banyak di gelaran AFF Cup 2012 nanti.

“Selanjutnya, pelatih menerapkan formasi yang akan dipergunakan. Kami, Indonesia dapat meraih kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya,” tandas Bob Hippy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda