Scroll to Top

Kualifikasi Piala Dunia 2014: Jerman vs Swedia 4-4

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 17 Oct 2012

Germany 4-4 Sweden

Sebuah pertandingan seru tersaji di Olympiastadion Berlin antara Jerman vs Swedia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa Grup C. Skor 4-4 menjadi penutup pertandingan yang dipimpin oleh wasit Pedro Proenca asal Portugal itu.

Delapan menit laga berjalan, Miroslav Klose sudah membuka skor bagi tuan rumah Jerman. Sebuah umpan dari Marco Reus diselesaikannya dengan sempurna lewat sepakan kaki kirinya.

Tujuh menit berselang, Klose kembali mencatatkan namanya di papan skor. Lagi, kerja keras dari Reus dituntaskan dengan baik oleh striker gaek itu untuk membawa Jerman unggul 2-0 di 15 menit pertama.

Swedia tak menyerah. Berbagai upaya mereka lakukan demi memperkecil keadaan. Sebuah sundulan dari Jonas Olsson di menit 26 masih tepat di pelukan kiper Manuel Neuer.

Jerman pun kembali menciptakan beberapa peluang berbahaya. Andreas Isaksson beberapa kali dipaksa melakukan penyelamatan atas usaha para pemain Jerman seperti Reus yang sangat aktif menciptakan peluang bagi dirinya dan rekan setimnya.

Babak pertama akhirnya berakhir dengan skor 3-0. Adalah bek Arsenal, Per Mertesacker, yang mengirim bola dengan tendangan kaki kanannya ke gawang Swedia yang tak bisa dibendung Isaksson di menit 39.

Jerman semakin digdaya saat babak kedua baru berjalan 10 menit. Mesut Ozil membuat skor menjadi 4-0 yang membuat Swedia rasanya sudah hampir pasti pulang dengan tangan hampa.

Namun disinilah spirit dari anak-anak Swedia muncul.  Bukannya menyerah, mereka malah bereaksi positif pasca Jerman mencetak gol keempat mereka.

Menit 62, Zlatan Ibrahimovic mengawali kebangkitan Swedia. Sundulan kerasnya tak mampu dibendung Neuer dan membuat skor menjadi 4-1.

Dua menit kemudian, giliran Mikael Lustig yang menjebol gawang Neuer. Sepakan kaki kanan dari pemain belakang Swedia itu mulus masuk ke gawang Neuer dan membuat laga kian berlangsung menarik.

Johan Elmander semakin membuka asa tim tamu kala ia mencetak gol ketiga Swedia saat pertandingan masuk menit 76 setelah menerima umpan dari Alex Kacanikclik.

Jerman bukannya tanpa peluang. Menit 82, sebuah tendangan terukur dari Toni Kroos masih digagalkan oleh tiang gawang Swedia. Semenit berselang, sepakan Ozil masih melambung diatas gawang Isaksson.

Drama terjadi di masa injury time saat Swedia tanpa diduga bisa menyamakan skor lewat aksi heroik dari Rasmus Elm dan membuat pertandingan berakhir dengan hasil imbang 4-4.

Jerman 4-4 Swedia (Klose 8’, 15’, Mertesacker 39’, Ozil 55’ / Ibrahimovic 62’, Lustig 64’, Elmander 76’, Elm 93’)

Susunan pemain:

Jerman: Manuel Neuer, Jerome Boateng, Per Mertesacker, Holger Badstuber, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger, Toni Kroos, Thomas Muller (Mario Gotze 67’), Mesut Ozil, Marco Reus (Lukas Podolski 87’), Miroslav Klose

Swedia: Andreas Isaksson, Mikael Lustig, Behrang Safari, Andreas Granqvist, Jonas Olsson, Rasmus Elm, Pontus Wernbloom (Kim Kallstrom 47’), Samuel Holmen (Alex Kacaniklic 46’), Sebastian Larsson (Tobias Sana 80’), Johan Elmander, Zlatan Ibrahimovic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda