Scroll to Top

Tips Menjadikan Tweet Anda Semakin Fantastis

By Melissa / Published on Wednesday, 10 Aug 2011

140 huruf memang terbilang cukup minim untuk menciptakan tulisan yang fantastis, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan.

Menulis tweet yang bagus membutuhkan kemampuan verbal yang tinggi untuk mengolah suatu tulisan menjadi bermakna karena pesan Anda dibatasi sebanyak 140 huruf.

Kuncinya adalah gunakan kata-kata sesedikit mungkin untuk menyampaikan maksud Anda.

Manfaatkan kiat-kiat dari TwiTip agar tweet Anda menjadi semakin bermutu:

  • Bijaksanalah dalam memilih kata-kata. Gunakan kata dengan huruf sesedikit mungkin yang bisa menyampaikan maksud Anda dengan tepat. Misalnya jika Anda harus memilih antara kata-kata “tiba” dan “sampai”, gunakanlah kata yang pertama. Namun tentu saja sesuaikan dengan konteks keseluruhan tweet Anda.
  • Pilih kata-kata yang lebih memengaruhi emosi. Misalnya di antara kata-kata “lenyap” atau “hilang”, pakailah kata “lenyap”. Pemilihan yang ‘tidak biasa’ ini akan memancing orang untuk membaca tweet Anda.
  • Tulis ulang tulisan Anda. Tuliskan semua yang ada di pikiran Anda, baca kembali, lalu rangkum maksud Anda dengan kata-kata yang lebih sedikit namun tidak mengubah makna.
  • Tata bahasa. Perhatikan hal ini karena tata bahasa yang baik akan memudahkan para pengguna untuk mencerna maksud dari tweet Anda.
  • Berikan sentuhan personal di tweet Anda. Ketika Anda ingin sharing suatu konten menurut Anda menarik, jangan lupa untuk menyisipkan pendapat pribadi Anda mengenai konten tersebut.
  • Buat link. Jika Anda ingin menuliskan sesuatu lebih dari 140 huruf, gunakan blog untuk menuangkan tulisan Anda, lalu pasang link di Twitter yang mengarah ke tulisan tersebut. Gunakan layanan penyingkat URL favorit Anda seperti t.co, bit.ly, HootSuite, dll.
  • Pilih kata-kata yang sederhana. Situs Copyblogger mengatakan pemilihan kata-kata yang sederhana lebih cepat menyampaikan maksud Anda. Gunakan kata-kata seperti “lewat” dan “pergi” dibandingkan “melintas” atau “berangkat”. Namun apabila Anda ingin menjadikan Twitter sebagai sarana mengekspresikan diri melalui puisi, akan lebih baik jika Anda memilih kata-kata yang sedikit rumit namun tidak mengubah arti.

Selamat mencoba dan bersiaplah menerima hujan retweet di timeline Anda :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda