Scroll to Top

Mobil Esemka Diproduksi Massal Tahun Depan

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 17 Oct 2012

esemka

Mobil nasional (mobnas) Esemka akhirnya resmi mendapatkan izin untuk bisa diproduksi secara massal. Menurut Wakil Walikota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, ada dua tipe yang boleh diproduksi lebih lanjut, yaitu Esemka SUV Rajawali dan truk Esemka Bima. Kedua mobil tersebut telah mengantongi sertifikat uji tipe (SUT).

Rencananya, Esemka bakal dimassalkan lewat PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) mulai tahun depan. PT SMK memiliki kapasitas produksi hingga 200 mobil per bulan. Untuk mengenalkan kedua produk tersebut, prototipe mobil Rajawali dan Bima akan dipamerkan kepada masyarakat pada 10 November 2012 di Stadion Manahan, Solo. Lewat pameran ini, konsumen yang ingin memesan bisa langsung melakukan inden.

Ambisi  Esemka untuk menjadi mobil nasional sempat tertunda lantaran bermasalah dengan emisi gas buang. Namun, setelah dilakukan perbaikan, akhirnya Esemka lolos uji emisi. Izin untuk produksi baru keluar sekarang ini. Konon, peminat Esemka cukup banyak dari berbagai kalangan. Dan, pada produk Esemka terbaru ini, ada perubahan penggunaan mesin dari yang semula 1.500 cc menjadi 2.000 cc. Interiornya pun dibenahi agar tampil lebih menarik.

Soal harga tidak mahal. Keduanya dibanderol kurang dari Rp 100 juta. Pas di kantong untuk memiliki mobil buatan anak negeri. Mobil ini rencananya juga dipakai secara resmi sebagai kendaraan dinas Walikota Solo dan akan dipakai juga oleh Jokowi yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta.

“Mobil Esemka Rajawali harganya sekitar Rp95 juta per unit dan Esemka Bima Rp65 juta hingga Rp70 juta per unit,” kata Rudy, seperti dikutip Antara.

foto: Solopos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda