Scroll to Top

AreLikeFacebook, Situs Plesetan Iklan Komersil FB

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 17 Oct 2012

AreLikeFacebook3

Pasca berhasil menggaet 1 miliar pengguna, Facebook merilis iklan komersil pertama mereka. Kala itu FB menyamakan mereka dengan hal-hal yang ada di keseharian manusia. Situs AreLikeFacebook mencoba memarodikan iklan komersil tersebut.

Bila Anda belum sempat melihat iklan komersial Facebook ini, sila simak daam sebuah video singkat berdurasi 1 menit 31 detik berikut.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=c7SjvLceXgU

Salah satu tagline di iklan komersial pertama Facebook tersebut adalah ‘Chairs Are Like Facebook’.  Situs AreLikeFacebook seakan ingin mengubah ‘kursi’ (chair) dengan segala hal yang ada di dunia ini. Pengunjung situs tersebut tinggal mengganti kata ‘chair’ dengan apapun yang diinginkan.

Misalkan saja pengunjung mengganti kata ‘chair’ dengan ‘Angry Birds’. Maka situs AreLikeFacebook akan mengganti gambar latar belakang situsnya dengan image Angry Birds. Perubahan serupa akan muncul bilamana pengunjung menganti dengan kata kunci lain.

AreLikeFacebook1

Iklan komersial pertama Facebook sendiri diciptakan sebagai buah keberhasilan mereka ketika mampu menggaet 1 milar pengguna. Facebook mencoba memomosikan dirinya sebagai benda-benda dalam keseharian manusia yang menghubungkan mereka dengan sesama.

Masih belum jelas apa dasar situs AreLikeFacebook diciptakan. Apakah murni sebagai parodi atau sekadar ingin menambahkan objek baru – selain kursi – yang diposisikan sebagai ‘Facebook-nya’ manusia yang menghubungkan dengan sesama dalam iklan tersebut.

Namun tidak semua kata kunci yang dimasukkan akan sesuai apa yang diharapkan. Ketika mencoba kata kunci ‘Noah’ (new Peterpan) justru yang muncul bukan gambar band yang digawangi Ariel, Uki, Lukman, dan kawan-kawan.

AreLikeFacebook2

Kunjungi situs AreLikeFacebook di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda