Scroll to Top

Barcelona: Sandro Rosell Meminta Peserta Liga Spanyol Cuma 16 Klub

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 17 Oct 2012

Sandro ROsell

Dalam lima tahun ke depan, Liga Spanyol diprediksi akan bubar karena dominasi Barcelona dan Real Madrid yang terlalu kuat. Demikian yang ramai dibicarakan. Untuk melakukan penyelamatan kompetisi, presiden Barcelona, Sandro Rosell, kembali menawarkan idenya yang sudah muncul tahun lalu, yaitu mereduksi jumlah peserta La Liga hingga 16 atau 18 klub. Selain itu, Rosell juga mengusulkan ide pembagian hak siar yang lebih besar untuk klub selain Barca dan Madrid. Plus, menolak gagasan Liga Super Eropa.

Sandro Rosell, presiden Barcelona, menyadari betul apa yang tengah dialami oleh Liga Spanyol. Dominasi Barcelona dan Real Madrid ternyata berefek buruk untuk La Liga. Sebagai contoh musim ini, tak ada lagi pembelian sensasional kecuali oleh Barca dan Madrid. Perputaran uang dalam bursa transfer pun sangat kecil. Klub-klub di luar duo raksasa El Clasico, sibuk menyelamatkan diri. Bahkan Malaga yang semusim lalu masih dikategorikan sebagai klub kaya, harus menjual pemain bintang mereka, Santi Cazorla, demi bertahan hidup.

Untuk menyelamatkan kompetisi, Sandro Rosell memiliki beberapa ide. Yang pertama, adalah upaya penambahan nilai hak siar televisi. Kalau selama ini angkanya menembus 700 juta Euro, Rosell meminta kenaikan hingga 1 Miliar Euro. Kemudian, tambahan 300 juta Euro ini dibagikan kepada klub-klub di La Liga. Barcelona dan Real Madrid tak mendapatkan tambahan tersebut.

Menurut Rosell, ini adalah alternatif paling bijak. Dengan cara ini, klub-klub lain di La Liga mendapatkan tambahan pemasukan. Dan, Barca plus Madrid pun tetap memperoleh hak siar mereka selama ini yang mencapai 140 juta Euro.

Selain gagasan itu, Rosell juga menyampaikan ide pengerucutan peserta Primera Division. Kompetisi tertinggi La Liga saat ini diisi oleh 20 klub. Artinya, sebuah klub mesti menjalani 38 pertandingan semusimnya. Rosell menyebutkan, ada alternatif untuk membuat peserta Primera Division hanya 16 hingga 18 klub. Dengan cara ini, pengeluaran akan lebih sedikit dan pemasukan akan lebih banyak.

Di luar masalah Liga Spanyol, ada ide seputar Liga Super Eropa. Menanggapi hal ini, Rosell ragu hal tersebut akan terlaksana. Meskipun mungkin dapat meningkatkan level kompetisi, akan muncul pertandingan yang kurang menarik. Daripada memaksakan Liga Super Eropa, Rosell mengusulkan agar terjadi perubahan dalam format Liga Champions. Yaitu, menggandakan jumlah peserta di babak penyisihan grup; dari 32 klub menjadi 64.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda