Scroll to Top

Persib Setuju Timnas Indonesia PSSI & KPSI Diadu!

By Aditya / Published on Thursday, 18 Oct 2012

Alfred Riedl Nil Maizar

Wacana duel antara Timnas Indonesia PSSI dan Timnas Indonesia KPSI yang sempat mencuat ternyata mendapat dukungan dari Persib. Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, menyatakan setuju apabila kedua timnas diadu untuk menentukan tim mana yang berhak mewakili Indonesia ke AFF Cup 2012 yang akan digelar pada akhir November 2012 mendatang di Thailand dan Malaysia.

Ya, beberapa waktu silam, KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti mengirimkan tantangan kepada PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin untuk mempertarungkan kedua timnas, yakni Timnas Indonesia PSSI asuhan Nil Maizar dan Timnas Indonesia KPSI yang ditukangi oleh Alfred Riedl.

PSSI sendiri menolak mentah-mentah tantangan tersebut, begitu juga para pemain dari kedua kubu timnas. Menurut PSSI, duel antar timnas tidak akan menyelesaikan masalah. Lagipula, AFC telah resmi menunjuk PSSI sebagai pihak yang berwenang mengelola timnas, termasuk untuk timnas yang akan dikirim ke AFF Cup 2012.

Meskipun mendapat penolakan dari sejumlah pihak, namun Umuh Muchtar justru mendukung rencana duel antar timnas tersebut. Umuh Muchtar mengatakan, apabila PSSI dan KPSI tidak kunjung memperoleh kata sepakat mengenai penyatuan timnas, maka tidak ada salahnya jika kedua timnas ditarungkan.

Umuh Muchtar tampaknya kesal karena upaya penyatuan timnas belum juga terwujud. Beberapa pemain Persib Bandung sendiri telah mendapat panggilan untuk memperkuat kedua timnas. Namun, untuk timnas asuhan Nil Maizar, Umuh Muchtar mengaku belum menerima surat resmi dari PSSI terkait pemanggilan tiga pemainnya, yakni Firman Utina, M. Ridwan, dan I Made Wirawan.

“Kami siap melepas pemain ke timnas (asuhan Nil Maizar) dengan catatan PSSI harus memanggilnya secara resmi melalui surat,” tandas Umuh Muchtar belum lama ini.

Akan tetapi, sebelum PSSI memanggil para pemain klub ke timnas, masalah dualisme timnas harus diselesaikan terlebih dulu, termasuk mengenai pelatih yang akan melatih tim Merah-Putih sesuai yang disepakati oleh PSSI dan KPSI.

Apabila berbagai cara yang ditempuh tidak juga membuahkan hasil, Umuh Muchtar pun menyatakan setuju apabila kedua timnas diadu untuk menentukan timnas mana yang akan diberangkatkan ke AFF Cup 2012.

“Pemanggilan pemain harus didahului dengan kesepakatan soal pelatih timnas. Jika memang tawaran ini tidak menarik, ekstrimnya kedua timnas diadu, lalu pemenangnya berhak tampil di Piala AFF,” tegas Umuh Muchtar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda