Scroll to Top

Efek Buruk Memakai Bra Salah Ukuran

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Oct 2012

bra kecil

Bra tidak semata-mata pakaian yang bisa membuat wanita terlihat seksi. Lebih dari itu, bra memili fungsi untuk menopang payudara agar tidak bergerak bebas. Bra memberikan perlindungan bagi payudara agar tidak kendor dan tetap indah pada posisinya.

Hanya saja, saat ini ada tren mengenakan bra untuk tujuan agar terlihat seksi. Walhasil banyak wanita mengenakan bra dengan ukuran tidak tepat. Misalnya, mereka memilih bra ukuran lebih kecil agar payudara terlihat sedikit menyembul.  Di samping itu, banyak wanita yang juga kurang paham memilih bra yang pas dengan payudaranya.

Beberapa ciri memilih bra yang salah adalah cup tidak dapat menutup payudara dengan sempurna, tali bra menyebabkan punggung membungkuk, tali bra melekat terlalu kuat di kulit, dan kawat bra tidak menempel pas di tulang dada. Dan, menurut studi dari Sports Medicine Australia, 80 persen wanita mengenakan ukuran bra yang salah.

Tahukah Anda? Memakai ukuran bra yang salah justru bisa membawa problem bagi kesehatan Anda. Sekalipun Anda mungkin mendapatkan julukan “wanita seksi” dengan bra ketat, itu tidak lantas menghilangkan risiko kesehatan. Agar lebih menyadari pentingnya memakai ukuran bra yang tepat, simak kerugian mengenakan bra yang salah berikut ini:

  • Bra yang terlalu ketat atau kawat bra tidak menempel pas di dada, dapat mengganggu jalannya pernapasan.
  • Bra ketat juga bisa menghambat kerja sistem pencernaan yang akhirnya berujung munculnya masalah di pencernaan.
  • Tali bra yang terlalu kencang di bagian belakang bisa menimbulkan sakit punggu dan bahu. Bra yang baik seharus tidak sampai membatasi gerakan tubuh.
  • Jika saat memakai bra serasa membungkuk, maka bra perlu diganti karena bisa menyebabkan ketegangan otot dan mempengaruhi postur tubuh.
  • Bra yang terlalu kencang dapat membuat lecet pada bagian tubuh yang bersinggungan langsung dengan bra.
  • Bra ketat dapat menjadi awal munculnya risiko kanker payudara. Pasalnya, payudara yang terhimpit bra tidak mampu mengeluarkan racun atau residu yang dilakukan getah bening. Akibatnya, racun menumpuk di payudara. Bisa pula, payudara merasa sakit karena sirkulasi darah tidak lancar di tempat tersebut.
  • Bra juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Kala aliran oksigen ke kepala tidak lancar akibat sempitnya bra, sakit kepala bisa datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda