Scroll to Top

Cara Merawat Kuku Rapuh

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Oct 2012

kuku

Kuku yang indah bisa menjadi daya tarik tersendiri. Namun, ada kalanya kuku menjadi rapuh dan lemah. Akibatnya, kuku menjadi mudah patah dan tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai pelindung ujung jari. Selain itu, jari tangan jadi tidak enak dipandang mata kalau sampai patah.

Komposisi kuku terbuat dari protein dan keratin. Semua zat ini bila mampu diproduksi tubuh dengan baik akan membuat kuku kuat. Tetapi, bila ternyata ada masalah dalam kerapuhan kuku, Anda bisa mengusahakan sendiri agar kuku lebi kuat. Dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa cara untuk menguatkan kuku yang rapuh:

  1. Oleskan krim pelembab kuku di atas kuku. Setelah itu, tutup dengan sarung tangan katun dan biarkan semalaman sembari Anda tidur malam. Langkah ini dapat menjaga kuku lebih lembab dan lembut.
  2. Rendam jari ke dalam air garam hangat dan bersihkan kuku Anda. Setelah itu oleskan krim pelembab atau minyak pohon teh pada kuku jari.
  3. Jauhi aseton mengenai kuku. Bahan kimia ini membuat kuku hilang kelembabannya. Aseton sering dipakai untuk membersihkan kutek yang menempel di kuku.
  4. Rendam kapas di dalam minyak zaitun atau minyak jarak. Lalu, seka kuku Anda dengan minyak tersebut agar kuku lebih kuat.
  5. Makanlah suplemen atau menu yang kaya vitamin dan mineral. Zat gizi yang diperlukan untuk kesehatan kuku adalah seng,kalsium, zat besi, vitamin A, dan E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda