Scroll to Top

Nissan Merilis Teknologi Pencegah Salah Injak Pedal

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Oct 2012

nissan

Saat keadaan panik, salah injak rem sangat mungkin terjadi. Akibatnya, bukan rem yang diinjak justru pedal gas makin ditancap. Kecelakaan atau risiko lalu lintas lain pun menghadang. Terkait hal ini, Nissan menawarkan solusi dengan membuat sistem untuk menghindari salah injak pedal.

Melalui teknologi Emergency Assist for Pedal Misapplication with Carpark Detection Function, kemungkinan salah injak pedal bisa diminimalisasi. Kerja tekonologi ini sudah terkomputerisasi sehingga dapat bekerja secara otomatis.

Seperti dikutip Media Indonesia, Nissan membekali teknologinya dengan fitur pemantu sekeliling (arround view monitor). Fungsinya sebagai pendeteksi keadaan kala mobil ada di tempat parkir. Kalau ditemukan objek lain seperti mobil atau tembok, kamera pendeteksi segera mengirim sinyal ke pusat komputer. Selanjutnya, komputer akan mengambil alih kemudi dengan melakukan pengereman otomatis. Dengan begitu, mobil tidak sampai menabrak objek di sekitarnya dan salah injak pedal bisa dicegah.

Teknologi ini akan dipasangkan pada kendaraan terbaru buatan Nissan. Rencananya, Nissan mencobakannya pada minivan Nissan Elgrand versi teranyar yang saat ini hanya ada di Jepang. Untuk mobil Nissan di negara lain, ada kemungkinan disematkan pada Nissan Infinity dalam waktu tidak lama lagi.

Teknologi otomasi anti-salah injak pedal ini sebenarnya pernah diperkenalkan Nissan sebelumnya. Kala itu teknologi tersebut diberi nama Acceleration Suppression For Pedal Misapplication. Fitur ini bisa ditemukan pada produk Nissan Elgrand sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda