Scroll to Top

Steven Gerrard: Soal Rasisme, UEFA Harus Cepat Ambil Sikap!

By Wan Faizal / Published on Thursday, 18 Oct 2012

Stevie Gerrard

Kasus rasisme yang menimpa punggawa Timnas U-21 Inggris, Danny Rose, mendapat simpati dari para anggota senior Timnas Inggris. Sang skipper, Steven Gerrard, terang-terangan kecewa dengan apa yang dilakukan fans Serbia dan meminta UEFA untuk segera mengambil sikap tegas.

Rose mendapat perlakuan rasis sepanjang pertandingan Play-Off Piala Eropa U-21 versus Serbia di Krusevac. Saking kesalnya, Rose menirukan gerakan monyet yang ia tujukan pada fans tuan rumah yang kontan membuat para pemain Serbia marah pada Rose.

Gerrard, yang memimpin Inggris menahan imbang Polandia 1-1 di Warsaw semalam, menyatakan seruannya agar organisasi tertinggi di sepakbola Eropa itu untuk mengambil langkah tegas untuk menindak kasus tersebut.

“Kejadian mengecewakan tersebut menandakan bahwa kita semua telah mundur satu langkah. Padahal rasanya kita telah melakukan langkah maju untuk memberantas rasisme dari sepakbola,” ulas kapten Liverpool itu.

“UEFA harus segera menemukan solusi. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kuasa, yang bisa memberi denda dan hukuman. Lalu untuk kasus ini mengapa mereka terlalu lama tidak mengambil sikap?”

Hal itu diamini oleh Jermain Defoe, striker Tottenham Hotspur yang merupakan eks rekan setim Rose di The Lilywhites.

“Saya menerima beberapa pesan. Dan dari yang saya pahami, situasi malam itu sungguh sulit bagi mereka (pemain U-21 Inggris),” terang Defoe.

“Jika kamu mendapatkan nyanyian-nyanyian semacam itu, maka itu tidak baik. Pengalaman seperti itu selalu tidak bagus.”

UEFA memang melakukan hal yang janggal terkait pertandingan tersebut. Dalam laporan yang dimuat di situs resmi mereka, sama sekali tak ada laporan mengenai kejadian yang menimpa Rose tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda