Scroll to Top

PSSI: AFC Tolak Klub Indonesia Berlaga Di Liga Champions Asia!

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 18 Oct 2012

Indonesia sepertinya tidak akan bisa melihat wakilnya berlaga di Liga Champions Asia tahun depan. Pasalnya, AFC telah memberikan sinyal mengapus salah satu wakil dari Indonesia untuk berlaga diajang kompetisi antar klub bergengsi di Asia ini.

Alasan AFC menolak wakil dari Indonesia, dikarenakan tidak ada satu pun klub yang memenuhi skor minimal yang disyaratkan untuk berlaga di Liga Champions Asia tersebut.

Penolakan AFC tersebut ternyata diamini oleh CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), Widjajanto.

Widjajanto menyatakan bahwa kepastian jatah Indonesia yang dihapus, diperolehnya dari AFC.

“Ternyata agenda verifikasi tim AFC diganti dengan agenda pemaparan kepada klub profesional di Indonesia. Jadi tidak ada verifikasi klub, sehingga jatah tiket LCA tidak ada” ungkap Widjajanto, Kamis (18/10/12).

Widjajanto juga menambahkan bahwa pemaparan AFC mengenai klub profesional akan dilakukan pada 24 Oktober 2012.

Bertindak sebagai instrukturnya adalah Direktur Eksekutif Departemen Kompetisi AFC John Windsor.

“Dia akan memberikan pemaparan tentang klub profesional. Biar semua klub di Indonesia tahu apa kekurangannya untuk menjadi klub profesional. Jadi persoalan ini bukan hanya karena PSSI sedang berkonflik” jelas Widja.

Dengan batalnya AFC melakukan verifikasi terhadap klub, maka kans wakil Indonesia tampil di LCA pada 2013 tertutup.

Alapagi Exco AFC baru akan mengizinkan peserta Liga Champions Asia, apabila sebuah klub berhasil mengumpulkan 600 poin dari proses verifikasi.

“Dengan tidak adanya verifikasi, maka tidak ada nilai bagi klub yang akan ke LCA. Sulit klub Indonesia memenuhi poin AFC” ungkap Widja.

Berdasar penilaian AFC musim lalu, terdapat lima aspek yang diverifikasi. Kelima hal itu adalah berbadan hukum, infrastruktur, sumber daya manusia, supporting (perangkat pertandingan dan kontrak pemain), serta mempunyai sistem pendanaan yang baik.

Selama ini Indonesia mendapat jatah tiket LCA, karena mendapat perlakuan khusus dari AFC akibat besarnya animo masyarakat terhadap sepak bola. Hal ini dianggap sebagai kelebihan dan keistimewaan Indonesia.

Seharusnya dua klub telah bersedia mewakili Tanah Air di ajang LCA. Klub itu adalah Semen Padang selaku juara kompetisi Indonesia Premier League (IPL) atau Sriwijaya FC sebagai jawara Indonesia Super League (ISL).

Namun, harapan klub-klub tersebut sirna lantaran AFC tak memberi jatah kepada Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda